Mengenali Karakter Anak

    Minggu pertama, sekaligus pertemuan pertama pada siswa saya awali dengan perkenalan singkat. Perkenalan ini bukan berupa perkenalan nama, asal dan lain lain. Perkenalan ini saya lakukan dengan sangat mendalam terhadap pribadi siswa. Pada tahap ini, saya mengenali karakter masing-masing siswa yang akan saya bimbig. Di awal observasi, masing-masing orang tua siswa SD telah menceritakan permasalahan yang mereka hadapi saat mengajar anak-anak mereka dari rumah. Begitu pula siswa SMP dan SMA yang menceritakan permasalahan mereka sendiri kepada saya. Namun, saya merasa bahwa akan lebih baik jika saya mengenali karakter mereka terlebih dahulu agar dapat memberikan solusi bagi permasalahan masig-masing siswa.

    Proses pengenalan ini saya lakukan sembari memberikan bimbingan belajar. Saya memulainya dengan menanyakan pelajaran yang mereka sukai, kemudian saya mengambil materi kesukaan mereka sebagai awal dari pembelajaran ini. Setelah saya memahami apa yang mereka sukai, saya mulai menyelidiki permasalahan apa yang mereka hadapi saat belajar. Saya menemukan beragam permasalahan dari masing-masing siswa.

    Hal yang menjadi masalah utama adalah rasa bosan pada situasi belajar dari rumah. Sebagian siswa SD yang masih memiliki pemikiran untuk ‘bermain’, cenderung merasa lebih malas dalam mengikuti pembelajaran. Ditambah lagi mereka memang kesulitan memahami materi yang diberikan dari sekolah. Hal ini kemungkinan dikarenakan oleh bimbingan orang tua yang kurang maksimal karena orang tua pun harus melakukan pekerjaan mereka selama pandemi ini.

    Siswa SMP dan SMA lebih cenderung tidak paham materi dan tidak memiliki semangat belajar. Hal ini terlihat jelas dari jawaban mereka ketika saya menanyakan “materi apa yang telah dipelajari semester ini?” Mereka cenderung lupa dan dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa ada banyak materi yang tidak tersimpan dalam memori siswa. Meskipun mereka sudah bisa belajar mandiri, namun tetap sulit bagi mereka untuk memahami sebuah teori tanpa dijelaskan secara langsung oleh guru mereka. Ditambah lagi dengan situasi belajar dari rumah, mereka sangat kehilangan semangat belajar karena merasa bahwa sistem pembelajaran tidak begitu ketat dan mengikat.

Berikut Link Video kompilasi kegiatan Bimbingan Belajar terkait Pengenalan Karakter Anak https://drive.google.com/file/d/1zrbbw-A3fI09RoDI6OL8Ax5bTFbt0HEq/view?usp=drivesdk

Tentang Penulis