MENGIRIMKAN MATERI DAN VIDEO TUTORIAL DI GRUP WHATSAPP SERTA MEMBERIKAN PELATIHAN SECARA LANGSUNG KEPADA MASYARAKAT SASARAN DI SD NEGERI 2 DENCARIK

Pada hari Selasa, tanggal 27 Juli 2021 saya kembali melakukan aktivitas lanjutan yaitu mengirimkan materi dan memberikan pelatihan kepada masyarakat sasaran. Kegiatan pemberian materi dan pelatihan dilakukan secara online dan offline dikarenakan kehadiran masyarakat sasaran yang tidak sepenuhnya hadir saat kegiatan dilaksanakan offline di sekolah, maka dari itu kegiatan juga dilakukan melalui whatsapp grup dengan mengirimkan materi dan pelatihan berupa video tutorial yang disertai dengan kegiatan berdiskusi bersama masyarakat sasaran. Tujuannya agar masyarakat sasaran secara keseluruhan dapat menyimak dan memahami dengan baik dari mulai pengenalan zoom meeting, cara penggunaannya, dan cara pengaplikasiannya dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Materi yang dikirimkan ke grup whatsapp hari ini yaitu materi yang pertama tentang pengenalan zoom meeting dan video tutorial cara penggunaannya melalui grup whatsapp. Pada pukul 09:00 WITA sampai dengan 11:00 WITA, saya memberikan pelatihan secara langsung di sekolah yang bertujuan agar masyarakat lebih mengenal dan memahami cara penggunaan dan pengaplikasian dari aplikasi zoom meeting. Kegiatan berlangsung berjalan dengan kondusif, dapat dilihat respon masyarakat sasaran yang sangat antusias saat diberikannya pelatihan pengguanaan zoom meeting, masyarakat sasaran aktif bertanya saat ada beberapa hal yang mereka kurang pahami dalam penggunaan zoom meeting ini.


Rabu, 28 Juli 2021 saya melakukan aktivitas lanjutan yaitu memberikan materi kedua yang berisikan tentang cara membuat video pembelajaran melalui zoom meeting dengan disertai tampilan wajah di video yang diberikan secara online dalam bentuk video tutorial melalui grup whatsapp. Pengiriman materi dan video tutorial ini ditunjukkan kepada masyarakat sasaran yaitu guru SD Negeri 2 Dencarik terutama yang belum bisa hadir ke SD Negeri 2 Dencarik untuk mengikuti pelatihan cara penggunaan dan pengaplikasian dari aplikasi zoom meeting. Diharapkan dengan diberikan materi, video tutorial, serta pelatihan secara online dan offline mengenai zoom meeting dapat membantu guru dalam mengajar jarak jauh.


Tentang Penulis