Minggu Kedua Pembelajaran Secara Luring Di Desa Baktiseraga Dalam Upaya Meningkatkan Semangat dan Motivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris

Pada tanggal 17 juli 2021, saya melaksanakan pertemuan ke-3 pembelajaran secara luring di Merajan Puri Bangkang, Desa Baktiseraga. Jadi seperti biasa saya akan menginformasikan di Whatsapp group kegiatan belajar mengajar sebelum kelas di mulai pada pukul 11.00 Wita. Setelah kelas dimulai, saya akan mengawalinya dengan greeting lalu doa. Di pertemuan ke-3 kali ini saya membahas materi procedure text. Procedure text disini masih erat kaitannya dengan simple present tense, yang dimana simple present tense adalah salah satu figurative language dari procedure text. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengetahui pengaplikasian simple present ke dalam sebuah text. Saya mengajar procedure text menggunakan dua bahasa campuran yaitu bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa agar lebih mudah mencerna informasi yang diberikan. Lalu setelah itu saya memberikan latihan untuk membuat sebuah text procedure secara simple. Di akhir sesi saya selalu melakukan absensi, dan doa.

 

                Pada hari minggu tanggal 18 juli 2021, saya melaksanakan pertemuan ke-4 pembelajaran secara luring di Merajan Puri Bangkang, Desa Baktiseraga. Pertemuan kali ini membahas salah satu tenses yaitu simple past tense. Saya memilih untuk mengajar simple past tense dengan lebih memfokuskan mengenai cara membuat kalimat simple past tense dan memberikan contoh Verb 2 beserta artinya di dalam bahasa Indonesia. Setelah saya menjelaskan materi, saya memberikan tugas kepada siswa yaitu membuat kalimat simple past menggunakan contoh yang sudah saya berikan di dalam penjelasan yang telah diberikan. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengaplikasikan simple past tense secara langsung, dan menambah vocabulary siswa. Di akhir sesi melakukan absensi, dan doa.

Tentang Penulis
A. A. Bgs. Ngr. Diva Yuktatama