Partisipasi Orangtua selama Pembelajaran Daring
- Oleh Lendly Daniella
- Thursday 05/08/2021
- Kelompok 77, Kelompok, Kelompok
Saya telah menjalani
kurang lebih 4 minggu mengajarkan anak-anak sekitaran rumah saya dengan
karakter yang berbeda. Saya memberikan pembelajaran secara privat/pribadi
dengan harapan dapat sungguh-sungguh mengenali kebutuhan setiap anak, sekaligus
mempermudah penerapan protokol kesehatan.
Setelah menjalani 3
minggu proses belajar, saya menemukan 5 hal yang harus diperhatikan sebagai
orang tua dalam mendampingi siswa belajar di kelas :
1. Memberikan waktu untuk fokus mengajar anak
2. Memahami Kelebihan
dan Kekurangan anak
3. Mengajar anak dengan
tegas
4. Menggunakan Objek
belajar
5. Menjadi pendengar
yang baik untuk anak
Saya membuat sebuah
video singkat, dalam video ini saya merangkup kelima hal diatas beserta dengan
video live saat saya mengajar anak-anak. Saya berharap kelima hal ini dapat
menjadi solusi dari permaslaahan yang dihadapi oleh orang tua selama proses
pembelajaran Daring. Berikut adalah link video Penyuluhan terhadap Orang tua https://drive.google.com/file/d/1zqndlS32XHPzuXzOmppGBycFmbI1RBv8/view?usp=drivesdk
.
Setelah itu, saya juga
memberikan beberapa PR untuk anak, kemudian saya meminta orang tua mendampingi
anak sambil merekam kegiatan pembelajaran mereka. Kegiatan pembelajaran ini
juga telah saya siapkan berupa lembar kerja siswa yang saya ambil dari berbagai
sumber. Berikut adalah link videonya https://drive.google.com/file/d/1-EBvAc8nOkC8w9S_RKxj5Qr8L_Q0h7nS/view?usp=drivesdk
.
Saya juga menanamkan
prinsip kepada anak-anak SMP dan SMA yang sedang berada dipuncak jenuh bahwa :
1. Belajar online akan
menyenangkan jika kita lakukan dengan ikhlas, sabar dan tidak bersungut sungut
2. Belajar online
sangat menyenangkan karena kita sendiri yang menentukan metode belajar yang
kita sukai agar kita mudah memahami setiap materi yang diberikan
3. Setiap orang
membutuhkan teman. Jika tidak ada orang lain yang bisa dihubungi saat merasa
stress atau bosan dengan tugas, saya ijinkan anak-anak untuk mengabari saya dan
berbagi cerita.
Di akhir kegiatan, saya
memberikan soal-soal evaluasi kepada siswa untuk melihat pemahaman mereka
terhadap kegiatan pembelajaran yang saya berikan. Selain itu, saya juga memberi
google formulir kepada orang tua dan siswa SMP dan SMA, yang berisikan evaluasi
akhir dari kegiatan yang telah saya berikan.