Partisipasi Orangtua selama Pembelajaran Daring


Saya telah menjalani kurang lebih 4 minggu mengajarkan anak-anak sekitaran rumah saya dengan karakter yang berbeda. Saya memberikan pembelajaran secara privat/pribadi dengan harapan dapat sungguh-sungguh mengenali kebutuhan setiap anak, sekaligus mempermudah penerapan protokol kesehatan.

Setelah menjalani 3 minggu proses belajar, saya menemukan 5 hal yang harus diperhatikan sebagai orang tua dalam mendampingi siswa belajar di kelas :

1.  Memberikan waktu untuk fokus mengajar anak

2. Memahami Kelebihan dan Kekurangan anak

3. Mengajar anak dengan tegas

4. Menggunakan Objek belajar

5. Menjadi pendengar yang baik untuk anak

Saya membuat sebuah video singkat, dalam video ini saya merangkup kelima hal diatas beserta dengan video live saat saya mengajar anak-anak. Saya berharap kelima hal ini dapat menjadi solusi dari permaslaahan yang dihadapi oleh orang tua selama proses pembelajaran Daring. Berikut adalah link video Penyuluhan terhadap Orang tua https://drive.google.com/file/d/1zqndlS32XHPzuXzOmppGBycFmbI1RBv8/view?usp=drivesdk .

Setelah itu, saya juga memberikan beberapa PR untuk anak, kemudian saya meminta orang tua mendampingi anak sambil merekam kegiatan pembelajaran mereka. Kegiatan pembelajaran ini juga telah saya siapkan berupa lembar kerja siswa yang saya ambil dari berbagai sumber. Berikut adalah link videonya https://drive.google.com/file/d/1-EBvAc8nOkC8w9S_RKxj5Qr8L_Q0h7nS/view?usp=drivesdk .

Saya juga menanamkan prinsip kepada anak-anak SMP dan SMA yang sedang berada dipuncak jenuh bahwa :

1. Belajar online akan menyenangkan jika kita lakukan dengan ikhlas, sabar dan tidak bersungut sungut

2. Belajar online sangat menyenangkan karena kita sendiri yang menentukan metode belajar yang kita sukai agar kita mudah memahami setiap materi yang diberikan

3. Setiap orang membutuhkan teman. Jika tidak ada orang lain yang bisa dihubungi saat merasa stress atau bosan dengan tugas, saya ijinkan anak-anak untuk mengabari saya dan berbagi cerita.

Di akhir kegiatan, saya memberikan soal-soal evaluasi kepada siswa untuk melihat pemahaman mereka terhadap kegiatan pembelajaran yang saya berikan. Selain itu, saya juga memberi google formulir kepada orang tua dan siswa SMP dan SMA, yang berisikan evaluasi akhir dari kegiatan yang telah saya berikan.


Tentang Penulis