Pelaksanaan Bimbingan Akhir, Pengunggahan Poster ke Media Sosial

            Media Sosial merupakan media wajib yang digunakan dalam sarana pemasaran digital, termasuk kegiatan KMbD ini, yang pemasarannya dilakukan di Facebook, dengan memanfaatkan poster digital sebagai unsur pengenalan produk mitra kepada pelanggan. Mulai dari tanggal 26 hingga 28 Juli 2020, penulis telah melakukan bimbingan akhir kepada masyarakat sasaran mengenai pengunggahan poster digital ke masing-masing media sosial. Media sosial utama untuk pengunggahan poster yaitu Facebook, dengan alasan jumlah penggunanya yang banyak dibanding jenis medsos lainnya sehingga diharapkan lebih banyak orang yang mengetahui produk mitra. Namun, kendala masyarakat yaitu beberapa diantaranya telah lama tidak mengakses Facebook sehingga, username dan passwordnya terlupakan. Untuk itu, penulis memberikan kebebasan kepada masyarakat, untuk mengunggah posternya, melalui akun Facebook milik keluarga terdekat.

            Saat ini, seluruh masyarakat/mitra telah mengunggah poster tersebut ke media sosial masing-masing. Setelahnya, mitra diminta untuk mengirimkan screenshot hasil pengunggahan ke Whatsapp Grup, tujuannya sebagai bukti pelaksanaan kegiatan KMbD tahap ini. Disamping penggunggahan melalui Facebook, terdapat juga masyarakat yang mengunggah posternya melalui Story Whatsapp. Dari kelima mitra, ketiganya melakukan upload di Story Whatsapp, yakni Ibu Kadek Santiani, Ibu Kadek Sariani, dan Bapak Gede Widiada. Tahap selanjutnya, penulis melakukan evaluasi kegiatan pelatihan dengan memberikan kuisioner Google Form di Whatsapp Grup, pada tanggal 29 Juli 2020, dengan waktu pengisian hingga tanggal 31 Juli 2020.

Tentang Penulis