Pelaksanaan Kegiatan Evaluasi Program KKNbD Kepada Masyarakat Sasaran

Setelah semua kegiatan sosialisasi dan pelatihan telah selesai dilaksanakan bersama masyarakat sasaran, maka dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kemampuan masyarakat sasaran yaitu bapak dan ibu guru dalam kegiatan yang telah diberikan.

 

Pada hari Selasa, 27 Juli 2021 saya menginformasikan kepada masyarakat sasaran bahwa akan diadakan kegiatan evaluasi melalui wawancara secara langsung di Google Meet.

 

Kemudian pada hari Rabu, 28 Juli 2021. Kegiatan evaluasi tentang materi dan pelatihan yang telah diberikan selama kegiatan KKNbD yaitu tentang penggunaan, Google Meet, Zoom, Power Point dan Kahoot. Kegiatan evaluasi ini dilakukan melalui aplikasi Google Meet dengan menanyakan satu persatu masyarakat sasaran mengenai cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Kegiatan evaluasi berlangsung dari pukul 16:00 sampai dengan pukul 18:10 WITA

 

Kegiatan evaluasi dilanjutkan kembali pada hari Jumat, 30 Juli 2021 bersama masyarakat sasaran. Kegiatan evaluasi ini juga dilakukan dengan menanyakan satu persatu masyarakat sasaran mengenai materi dan pelatihan yang telah diberikan yang dilakukan melalui video call pada group Whatsapp. Kegiatan evaluasi ini berlangsung dari pukul 15:00 sampai dengan pukul 17:20 WITA. Dari hasil evaluasi melalui wawancara tersebut, telah terlihat kemampuan bapak dan ibu guru selaku masyarakat sasaran dalam menerapkan dan menyajikan apa saja yang telah dipelajari selama kegiatan KKNbD berlangsung. Sehingga nantinya bapak dan ibu guru sudah mampu untuk menerapkannya ketika melaksanakan pembelajaran daring bersama siswa.


Berhubung kegiatan KKNbD telah selesai saya lakukan bersama masyarakat sasaran, saya berkunjung ke SD No.1 Pererenan pada hari Senin, 2 Agustus 2021 untuk mengucapkan terima kasih karena telah bersedia dan berperan aktif dalam kegiatan KKNbD.


Tentang Penulis