PELAKSANAAN SOSIALISASI MENGENAI KKN MANDIRI BERBASIS DARING (KMbD) DAN PEMAPARAN PROGRAM KERJA

PELAKSANAAN SOSIALISASI MENGENAI KKN MANDIRI BERBASIS DARING (KMbD) DAN PEMAPARAN PROGRAM KERJA

Mengadakan suatu pengabdian tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan baik itu tenaga, sarana dan prasarana, maupun materi penunjang lainnya. Komponen penting yang tidak terlewatkan dalam melaksanakan pengabdian adalah penyusunan program kerja dan rangkaian kegiatannya. Salah satu kegiatan penting dan tidak boleh terlewatkan adalah adanya sosialisasi yang sebagai bentuk modal awal pemberian pemahaman bagi masyarakat sasaran pada umumnya. Secara garis besar sosialisasi mengandung makna proses belajar. Namun apabila merujuk pada pelaksanaan pengabdian, sosialisasi merupakan suatu proses memperkenalkan dan menjelaskan sesuatu sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman orang banyak.

Kegiatan sosialisasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan pengabdian sebelum menjalankan program kerja lebih lanjut. Begitu pula dalam pelaksanaan proyek KMbD yang berjudul "Pendampingan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 melalui Metode Demonstrasi dalam Menghadapi New Normal bagi Pedagang Konvensional di Pasar Tradisional Desa Patemon" telah merancang jadwal yang di dalamnya mencantumkan kegiatan sosialisasi. Masyarakat sasaran diberikan sosialisasi mengenai KKN Mandiri berbasis Daring dan pemaparan program kerja sebagai langkah awal untuk memberikan pemahaman supaya kegiatan yang telah dirancang dapat berjalan lancar ke depannya.

Kegiatan sosialisasi yang merupakan agenda dari proyek KMbD telah dilaksanakan pada tanggal 07 Juli 2020 melalui platform WhatsApp yang diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran. Ada pun topik yang dibahas yaitu mengenai perubahan bentuk KKN konvensional menjadi KKN daring yang selanjutnya disebut KMbD dan pemaparan program kerja. Sosialisasi hanya bisa dilaksanakan melalui grup WhatsApp mengingat keterbatasan pertemuan tatap muka secara langsung di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, melakukan penyebaran kalender kegiatan yang memuat rangkaian kegiatan apa saja yang dilaksanakan selama satu bulan ke depan. Penyebaran kalender kegiatan dalam bentuk pdf. dimaksudkan agar masyarakat sasaran bisa menggunakannya sebagai acuan untuk mengatur jadwal pertemuan dengan kegiatan sehari-hari mereka.

Dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dalam proyek KMbD yang menjelaskan dua topik penting bagi masyarakat sasaran memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Terlaksananya jadwal kegiatan yang telah disusun.
  2. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang KMbD dan rancangan program kerja.
  3. Mengarahkan agar alur kegiatan selanjutnya dapat berjalan dengan baik.
  4. Dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disusun selama satu bulan ke depan.

Terlaksananya sosialisasi ini meski hanya dilaksanakan secara daring akan tetapi tidak mengurangi partisipasi dan pemahaman masyarakat sasaran. Memberikan pengenalan dan pemahaman adalah poin penting dalam pelaksanaan sosialisasi ini supaya apa yang menjadi tujuan kegiatan dapat memberikan manfaat serta bisa melanjutkan rangkaian kegiatan selanjutnya.


Catatan:

  1. Gambar 1. Kalender kegiatan proyek KMbD selama satu bulan ke depan.
  2. Gambar 2. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi.
  3. Gambar 3. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi.