Pelatihan dan Bimbingan Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Cara Penggunaan atau Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Lamak Secara Online

Program kerja dari pelaksanaan KKNbD selanjutnya setelah sosialisasi materi yaitu “Pelatihan dan Bimbingan Kepada Masyarakat Mengenai Cara Penggunaan atau Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Lamak Secara Online.” Pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan selama 2 hari yaitu pada hari Senin, 26 Juli 2021 hingga Selasa, 27 Juli 2021. Pelatihan tersebut dilaksanakan secara langsung, dimana teknis pelaksanaannya yaitu saya mendatangi langsung ke rumah masing-masing masyarakat sasaran. Hal tersebut saya lakukan guna mencegah terjadinya kerumunan.

Pada hari Senin, 26 Juli 2021 merupakan hari pertama dilaksanakannya pelatihan. Pelatihan tersebut saya lakukan dengan 3 orang masyarakat sasaran yaitu ada Ibuk Suri, Ibuk Puspa dan Ibu Rsi. Waktu pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan dari pukul 16.00-18.55 WITA, dimana masing-masing masyarakat mempunyai waktu selama 55 menit. Pada hari pertama bisa dikatakan pelatihan dan bimbingannya berjalan dengan baik dan lancar, karena masing-masing masyarakat sasaran dapat menerima dan memahami penjelasan saya dengan sangat baik dan cepat. Bahkan terdapat masyarakat sasaran yang justru sangat penasaran dengan pengaplikasian media sosial tersebut sehingga bisa dikatakan beliau sangat antusias dalam mengikuti kegiatan di hari itu.

Kemudian, pada hari Selasa, 27 Juli 2021 merupakan hari kedua dilaksanakannya pelatihan. Pada pelatihan tersebut saya lakukan dengan 2 orang masyarakat sasaran yang tersisa yaitu ada Ibuk Luh dan Ibuk Tini. Waktu pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan dari pukul 17.55-19.50, dimana masing-masing masyarakat juga mempunyai waktu selama 55 menit. Pada hari kedua bisa dikatakan terdapat sedikit kendala yaitu ada salah satu masyarakat sasaran yang memiliki kesibukan sehingga kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada waktu siang menjelang sore akhirnya diundur menjadi sore menjelang malam. Walaupun demikian, hal tersebut akhirnya bisa terlewati dan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan juga lancar.


Tentang Penulis