PELATIHAN DAN BIMBINGAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANIMAKER KEPADA GURU-GURU SD BBS

Senin, 19 Juli 2021 – Jumat, 23 Juli 2021

 

Pada minggu ke-3 pelaksanaan dari kegiatan KKNbD memiliki jadwal yaitu pelatihan serta bimbingan pembuatan video pembelajaran animasi kepada masyarakat sasaran yang merupakan kegiatan kelima dari program KKNbD 2021 yang telah disusun. Kegiatan pelatihan ini dilakukan di SD BBS dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ditengah kondisi penerapan PPKM darurat.


Pelaksanaan pelatihan dan bimbingan ini dialokasikan selama lima hari untuk sepuluh guru SD BBS, sehingga untuk tiap harinya dilakukan bimbingan serta pelatihan pembuatan video kepada dua guru selama 3 jam setiap harinya. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar pelatihan serta bimbingan lebih fokus serta efektif sehingga masyarakat sasaran mampu menggunakan aplikasi di dalam pembuatan video animasi secara maksimal. Selain itu pula dikarenakan adanya perbedaan jam mengajar pada setiap guru di setiap harinya, jika pelatihan dan bimbingan dilakukan secara bersama-sama  maka nantinya akan mengalami kesulitan di dalam menetapkan waktu pelaksanaan kegiatan. Maka dari itu pengalokasian 5 hari dengan tiap harinya 2 guru yang melaksanakan pelatihan dan bimbingan ini merupakan jalan yang paling tepat agar program dapat berjalan di tengah-tengah keterbatasan kondisi yang ada.


Pada pelaksanaan pelatihan dan bimbingan pembuatan video pembelajaran animasi untuk guru-guru SD BBS berjalan cukup lancar dan tidak ada kendala yang signifikan. Kegiatan dilaksanakan dengan masyarakat sasaran membuat akun Animaker terlebih dahulu dilanjutkan dengan mencoba fitur-fitur yang ada pada aplikasi Animaker tersebut. Bimbingan juga dilakukan pada saat guru-guru mengalami kebingungan atau kesulitan di dalam pengaplikasiannya, salah satu contohnya yakni pada saat penambahan audio pada scene yang membutuhkan perkiraan antara durasi scene video dengan durasi audio yang akan ditambahkan dan sering kali pada bagain tersebut diperlukan bimbingan untuk mengatur kesesuain tersebut. Namun, guru-guru SD BBS sangat cepat memahami penggunaan aplikasi Animaker ini untuk membuat video pembelajaran animasi sehingga kegiatan berjalan cukup cepat dan sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan.

.

.

#PembelajaranDaringTetap Efektif



Tentang Penulis