PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BISNIS ONLINE MITRA 3
- Oleh Desinta Mora Merliani Putri
- Monday 20/07/2020
- Kelompok 242, Kelompok, Kelompok
Serangkaian dengan kegiatan KMbD 2020 Universitas
Pendidikan Ganesha yang saya laksanakan di Desa Mulyorejo,Jember, Jawa Timur.
Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberi pelatihan serta pendampingan kepada
masing-masing mitra secara pribadi melalui pesan pribadi whatsapp, tujuannya
tidak menggunkan grup WhatsApp agar mitra lain tidak terganggu dan dapat fokus pada
kendala yang dialami oleh salah satu mitra, yang telah dibagi waktu diskusi
secara pribadi sesuai dengan jadwal kegiatan.
Pada tanggal 19 Juli – 20 juli 2020 pelaksanaan
pelatihan serta pendampingan dilaksanakan dengan Ibu Indah sebagai mitra dan
saya sebagai pelaksana kegiatan dan sebagai pendamping. Dalam pelatihan dan
pendampingan yang dilaksanakan, Ibu Indah mengajukan beberapa pertanyaan
mengenai pemasaran yang telah dilakukan melalui media sosial.
Dalam pelaksanaan kegiatan selama dua hari, ibu
indah sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan. Ibu
indah telah mengaplikasikan media sosial dengan memilih menggunakan facebook
dan whatsapp. Ibu indah sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan dengan berpedoman pada tutorial video yang telah diberikan pada saat sosialisasi, ibu indah telah
menggunakan facebook sebagai media pemasaran hasil kebun berupa pete. Beberapa
pertanyaan yang diajukan oleh ibu indah dalam diskusi pelatihan dan
pendampingan bisnis online secara pribadi melalui pesan whatsaap.
Pertama, Mengenai arti dari inbox pada media sosial
facebook, dijelaskan bahwa inbox merupakan fitur yang disediakan oleh facebook
untuk dapat mengirim pesan pribadi kepada teman facebook.
Kedua, mengenai pengiriman pesan pribadi dalam akun
media sosial facebook karena harus mengunduh kembali aplikasi agar dapat
membuka pesan pribadi facebook, solusi yang diberikan yaitu Ibu indah mengunduh
aplikasi messenger yang telah tersedia dalam aplikasi PlayStore. Dengan mengunduh
aplikasi messenger ibu indah dapat membalas atau mengirim pesan secara pribadi
kepada konsumen atau teman facebook ibu indah.
Selain mengajukan beberapa pertanyaan, ibu indah
juga melaporkan manfaat yang didapat dari penggunaan media sosial, ibu indah
merasa sangat terbantu karena hasil panen hari kemarin dapat langsung terjual. Manfaat
yang didapat oleh ibu indah dari penggunaan facebook membuat ibu indah semangat
dalam memasarkan hasil panen melalui media sosial, terbukti dengan
ketersediaan ibu indah yang akan menggunakan media sosial whatsapp sebagai akun
media sosial kedua yang akan digunakan untuk memasarkan kembali hasil kebun berikutnya.