PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BISNIS ONLINE MITRA 4

Serangkaian dengan kegiatan KMbD 2020 Universitas Pendidikan Ganesha yang saya laksanakan di Desa Mulyorejo,Jember, Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberi pelatihan serta pendampingan kepada masing-masing mitra secara pribadi melalui pesan pribadi whatsapp, tujuannya tidak menggunkan grup agar mitra lain tidak terganggu dan dapat fokus pada kendala yang dialami oleh salah satu mitra, yang telah dibagi waktu diskusi secara pribadi sesuai dengan jadwal kegiatan, kegiatan dilaksanakan mulai pukul 10:00 sampai dengan 14:00.

Pada tanggal 22 Juli – 23 juli 2020 pelaksanaan pelatihan serta pendampingan dilaksanakan dengan Ibu Wiwik sebagai mitra dan saya sebagai pelaksana kegiatan dan sebagai pendamping. Dalam pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan, Ibu Wiwik sangat aktif dan antusiaS mengikuti kegiatan. Terbukti dengan Ibu wiwik telah mengaplikasikan media sosial dalam memasarkan hasil panen kebunnya.

Setelah Ibu wiwik mendapatkan penyuluhan mengenai pemanfaatan media sosial dalam memasarkan hasil kebun, Ibu wiwik menceritakan kegiatannya setelah mengikuti penyuluhan tersebut. Ibu wiwik bercerita bahwa setiap pagi ibu wiwik rutin pergi ke kebun dengan suaminya. Alasannya karena ibu wiwik sudah bisa secara langsung memasarkan hasil kebunnya setelah mengenal media sosial, setiap harinya ibu wiwik langsung memasarkan hasil panen kabunnya melalui media sosial yang telah dipilihnya yaitu WhatsApp

Selama 2 hari ibu wiwik mengikuti pelatihan dan pendampingan secara online, ibu wiwik telah berhasil memasarkan buah papaya, dalam waktu beberapa jam ibu wiwik telah berhasil menjual buah pepaya hasil panennya dipagi hari dengan suaminya. Selama pengaplikasian media sosial ibu wiwik merasa tidak ada kendala atau kesulitan yang perlu didiskusikan, pengaplikasian lancar serta pemasaran pun lebih cepat. Dengan diberikannya penyuluhan mengenai pemanfaatan media sosial untuk memasarkan hasil kebun, ibu wiwik menjelaskan bahwa ibu wiwik merasakan manfaatnya dalam menerapkan media sosial sebagai media pemasaran online untuk hasil panen kebunnya.

 

Tentang Penulis
Desinta Mora Merliani Putri