PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BISNIS ONLINE MITRA 4
- Oleh Desinta Mora Merliani Putri
- Thursday 23/07/2020
- Kelompok 242, Kelompok, Kelompok
Serangkaian dengan kegiatan KMbD 2020 Universitas
Pendidikan Ganesha yang saya laksanakan di Desa Mulyorejo,Jember, Jawa Timur.
Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberi pelatihan serta pendampingan kepada
masing-masing mitra secara pribadi melalui pesan pribadi whatsapp, tujuannya
tidak menggunkan grup agar mitra lain tidak terganggu dan dapat fokus pada
kendala yang dialami oleh salah satu mitra, yang telah dibagi waktu diskusi
secara pribadi sesuai dengan jadwal kegiatan, kegiatan dilaksanakan mulai pukul
10:00 sampai dengan 14:00.
Pada tanggal 22 Juli – 23 juli 2020 pelaksanaan
pelatihan serta pendampingan dilaksanakan dengan Ibu Wiwik sebagai mitra dan
saya sebagai pelaksana kegiatan dan sebagai pendamping. Dalam pelatihan dan
pendampingan yang dilaksanakan, Ibu Wiwik sangat aktif dan antusiaS mengikuti
kegiatan. Terbukti dengan Ibu wiwik telah mengaplikasikan media sosial dalam
memasarkan hasil panen kebunnya.
Setelah Ibu wiwik mendapatkan penyuluhan mengenai
pemanfaatan media sosial dalam memasarkan hasil kebun, Ibu wiwik menceritakan
kegiatannya setelah mengikuti penyuluhan tersebut. Ibu wiwik bercerita bahwa
setiap pagi ibu wiwik rutin pergi ke kebun dengan suaminya. Alasannya karena
ibu wiwik sudah bisa secara langsung memasarkan hasil kebunnya setelah mengenal
media sosial, setiap harinya ibu wiwik langsung memasarkan hasil panen kabunnya
melalui media sosial yang telah dipilihnya yaitu WhatsApp
Selama 2 hari ibu wiwik mengikuti pelatihan dan
pendampingan secara online, ibu wiwik telah berhasil memasarkan buah papaya,
dalam waktu beberapa jam ibu wiwik telah berhasil menjual buah pepaya hasil
panennya dipagi hari dengan suaminya. Selama pengaplikasian media sosial ibu wiwik
merasa tidak ada kendala atau kesulitan yang perlu didiskusikan, pengaplikasian
lancar serta pemasaran pun lebih cepat. Dengan diberikannya penyuluhan mengenai
pemanfaatan media sosial untuk memasarkan hasil kebun, ibu wiwik menjelaskan
bahwa ibu wiwik merasakan manfaatnya dalam menerapkan media sosial sebagai
media pemasaran online untuk hasil panen kebunnya.