Pelatihan dan pendampingan pembuatan desain media pembelajaran interaktif visual berbasis Powerpoint melalui WhatsApp group dan video

        Pertemuan kegiatan KKNb pada hari Senin, 2 Agustus 2021 adalah melaksanakan pelatihan dan pendampingan pembuatan desain media pembelajaran interaktif visual berbasis Powerpoint kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp group dan video. Yang mana pada kegiatan hari ini seharusnya melalui google meet namun karena beberapa kendala seperti salah satu masyarakat sasaran sedang melakukan isolasi mandiri karena terdampak Covid-19 maka kegiatan pelatihan dan pendampingan saat ini cukup dilakukan hanya melalui media WhatsApp group dan sedikit penjelasan melalui video singkat saja. Dalam WhatsApp group tersebut saya mempertanyakan bagaimana perkembangan masyarakat sasaran dalam proses pembuatan media pembelajaran interaktif visual berbasis Powerpoint dan saya juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang masih menemukan kendala di dalam proses pembuatannya.

        Pada sesi diskusi terdapat dua orang masyarakat sasaran yang memiliki kendala. Kendala yang dimiliki oleh kedua masyarakat sasaran tersebut sama yaitu belum memahami bagian menggunakan fitur transisi yang ada pada Powerpoint. Solusi saya untuk mengatasi kendala kedua masyarakat tersebut adalah saya menjelaskan ulang cara menggunakan fitur transisi pada Powerpoint melalui video singkat yang langsung saya rekam melalui WhatsApp group tersebut. Dan masyarakat sasaran lainnya sebagian besar sudah memahai pembuatan media pembelajaran ini dan sudah terdapat masyarakat sasaran yang menerapkan hasil pembuatan media pembelajarannya tersebut dalam proses pembelajaran di kelas.

Tentang Penulis