Pelatihan dan Pendampingan Penbuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Powtoon

Tepat dua minggu setelah dimulainya KKNbD 2021 pada tanggal 19 Juli 2021 pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan powtoon dilaksanakan. Pelatihan ini dilaksanakan selama satu minggu sampai pada tanggal 26 Juli 2021. Tanggal pelaksanaan pelatihan ini berbeda dengan jadwal kegiatan yang sudah dirancang dikarenakan ada beberapa permasalahan yang terjadi pada saat pelatihan. Pada tanggal 20 Juli 2021 apabila dilihat dari jadwal kegiatan yang dirancang seharusnya pada tanggal ini diadakan pelatihan tetapi dikarenakan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha maka pertemuan pada hari tersebut di tiadakan, selajutnya permasalahan juga terjadi pada saat proses pengumpulan video yang sudah dibuat, dimana sesuai jadwal yang sudah diberikan seharusnya seluruh kelompok harus sudah mengumpulkan video yang dibuat tepat di hari Sabtu, 24 Juli 2021, tetapi ada salah satu kelompok yang memiliki kendala pada saat pembuatan video, dikarenakan terbatasnya perangkat yang digunakan karena harus menggunakannya secara bergantian maka salah satu kelompok tidak bisa menyelesaikan videonya tepat waktu sehingga masyarakat sasaran meminta tambahan waktu pengumpulan video agar dapat dikumpulkan pada hari Senin, 26 Juli 2021.

Proses pelatihan ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya adalah pada tanggal 19 Juli 2021 dilaksanakannya pelatihan hari pertama dimana saya memberikan materi pelatihan dalam bentuk dokumen pdf dan video tutorial cara membuat akun powtoon, pada pelatihan ini semuanya berjalan dengan lancar, para guru sudah berhasil membuat akun powtoon dengan mengikuti panduan yang sudah diberikan. Selanjutnya, pelatihan hari kedua dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2021 dimana saya memberikan materi pelatihan kedua yang membahas tentang cara membuat video pembelajaran di powtoon, materi yang saya berikan pada pelatihan hari ini berupa video tutorial, lalu dihari yang sama saya juga memberikan tugas kepada masyarakat sasaran untuk membuat video pembelajaran sesuai dengan kreativitas masing-masing dan saya memberikan waktu pengerjaan selama empat hari, dimana sesi konsultasi juga dibuka pada hari yang sama dan masyarakat sasaran bebas untuk bertanya apabila mengalami kendala pada proses pembuatan video pembelajaran. Selanjutnya pada pelatihan hari terakhir dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2021 yang membahas mengenai cara melakukan export video yang dibuat ke youtube, untuk materi tutorial export video saya mengirimkan panduan dalam bentuk file dokumen pdf. Setelah masyarakat sasaran berhasil melakukan export video ke youtube maka masyarakat sasaran saya minta untuk mengumpulkan link video youtubenya.

Selama pelatihan pembuatan video pembelajaran ini masyarakat sasaran sangat bersemangat untuk mengikuti panduan dan video tutorial yang sudah diberikan, setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyakarat sasaran saya selalu meminta masyarakat sasaran untuk melakukan perekaman agar saya dapat melihat semangat belajar dari masyarakat sasaran. Pelatihan ini dilakukan harapannya agar seluruh masyarakat sasaran dapat membuat video pembelajaran karena dengan membuat video pembelajaran tentu itu akan sangat membantu proses belajar mengajar di SD Ngeri 3 Antiga, tujuan saya memberikan tugas kepada masyarakat sasaran ini adalah untuk mengetahui niat dari masyarakat sasaran mengikuti pelatihan, karena dengan memberikan tugas saya akan jadi lebih tahu bahwa materi yang saya berikan ke masyarakat sasaran benar-benar di praktekkan sehingga nanti bisa digunakan seterusnya untuk menunjang proses belajar mengajar di SD Negeri 3 Antiga.

Tentang Penulis