Pelatihan Pemasaran Produk Ramuan Jahe dan Batang Sereh Kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh Gede Dody Pramana Budiyasa
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 75, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 31 Juli 2020, dilaksanakan kegiatan pelatihan pemasaran produk ramuan jahe dan batang sereh kepada masyarakat sasaran secara daring dengan menggunakan media sosial What'sapp. Proses pelatihan dimulai pada siang hari bertepatan dengan waktu senggang para masyarakat sasaran dalam rutinitasnya bekerja, pelatihan pemasaran meliputi pengenalan pemasaran, metode-metode yang dapat digunakan dalam memasarkan produk, bagaimana menentukan target dalam pemasaran dan juga proses berpikir penciptaan strategi yang tepat dengan kondisi sosial mereka dirumah masing-masing, pemecahan masalah terkait dengan pemasaran produk tersebut, serta bagaimana evaluasi dari proses pemasaran yang telah berlangsung.
Dalam kegiatan pelatihan ini media yang dijadikan untuk memberikan pelatihan adalah PowerPoint dikarenakan masyarakat akan lebih mudah mengerti jika diberikan ilustrasi yang berkenaan dengan materi-materi pelatihan tersebut, dan dalam prosesnya masyarakat sasaran memiliki kesempatan untuk bertanya mengenai pemasaran produk baik secara langsung dalam forum diskusi maupun diluar forum dan bisa juga setelah proses KMbD berakhir sesuai dengan perkembangan usaha mereka.
Pelatihan pemasaran ini merupakan program kerja terakhir dari rangkaian program kerja yang telah disusun selama proses KMbD berlangsung sehingga tujuan-tujuan yang diberikan diawal tentang pengaruh ramuan ini ke bidang ekonomi dapat terpenuhi sesuai dengan pernyataan di sesi sosialisasi yang menjelaskan bagaimana pengaruh program kerja yang ada pada bidang ekonomi masyarakat sasaran sehingga masyarakat bisa menerapkan semua ilmu yang telah diberikan dalam menunjang kebutuhan ekonomi mereka secara perlahan.