PELATIHAN PEMBUATAN HAND-SANITIZER UNTUK KONSUMSI SUBSISTEN DALAM TATANAN KELUARGA PADA MASYARAKAT DI DESA CELUKANBAWANG, GEROKGAK, BULELENG

        Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan (KBRI, 2020). Penyakit yang ditimbulkan karena infeksi ini disebut Covid-19 virus corona ini dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

        Menurut para ahli kedokteran penyebaran virus Covid-19 sangatlah cepat, karena penuluran virus Covid-19 sering tidak sengaja dilakukan (Putri, 2020), contoh penularannya melalui benda merupakan media yang bisa menjadi cara penularan yang masif. Menurut penelitian Covid-19 dapat bertahan hidup tiga hari dengan menempel pada permukaan benda.

    Akibat dari penyebaran virus tersebut berdampak terhadap perekonomian masyarakat Desa Celukanbawang, contohnya banyaknya PHK terhadap sebagian masyarakat Desa Celukanbawang yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai pegawai perusahaan dan pegawai pabrik. Guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat di Desa Celukanbawang terpaksa harus beraktivitas diluar rumah untuk bekerja tanpa memperdulikan bahaya yang ditimbulkan oleh virus corona atau Covid-19. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun/hand-sanitizer setelah/sedang beraktivitas diluar rumah.

        Berdasarkan permasalahan mitra yang telah dikemukakan diatas, maka solusi yang ditawarkan untuk mengadakan sosialisasi akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun/hand-sanitizer setelah beraktivitas diluar rumah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, serta memberikan pelatihan cara membuat Hand-Sanitizer untuk konsumsi subsisten dalam tatanan keluarga masyarakat Desa Celukanbawang. Sehingga diharapkan masyarakat Desa Celukanbawang terbiasa untuk selalu mencuci tangan setelah/sedang beraktivitas diluar rumah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

        Pada tanal 4 Juli 2020, diadakan sosialisasi akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun/hand-sanitizer setelah beraktivitas diluar rumah untuk mencegah penyebaran virus covid-19, pelatihan cara membuat hand-sanitizer untuk konsumsi subsisten dalam tatanan keluarga, dan pembaianhand-sanitizer untuk masyarakat RT 03 desa Celukanbawang.