Pelatihan Penggunaan Fitur-Fitur Microsoft PowerPoint Melalui Platform Google Meet

Pada tanggal 30 Juli 2021, penulis telah melaksanakan program kerja minggu keempat yaitu pelatihan penggunaan fitur-fitur Microsoft PowerPoint, yang meliputi cara pembuatan PowerPoint Presentation (PPT) dan video presentasi pada Microsoft PowerPoint, melalui platform Google Meet. Pelatihan ini dilaksanakan selama empat jam, yaitu dari pukul 14.00 WITA sampai dengan 18.00 WITA. Pelatihan ini merupakan pelatihan terakhir yang menutup serangkaian program pelatihan aplikasi pada Microsoft Office. Seperti halnya pelatihan sebelumnya, pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu, sesi pemberian materi dan tutorial, serta sesi diskusi yang diikuti pula dengan sesi absensi. Berikut ini merupakan materi yang diberikan pada pelatihan ini yaitu mengenai:

  1. Langkah-langkah pembuatan dokumen pada Microsoft PowerPoint.

  2. Review kembali mengenai menu, fitur, dan tools pada Microsoft PowerPoint.

  3. Pengenalan jenis-jenis teks pada Microsoft PowerPoint

  4. Langkah-langkah dalam mengatur format teks.

  5. Langkah-langkah dalam mengatur paragraf.

  6. Cara menambahkan gambar, suara, dan video pada slide PowerPoint Presentation (PPT).

  7. Cara memberikan transisi dan animasi pada slide PowerPoint Presentation (PPT).

  8. Cara membuat atau merekam video presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint.


Pada akhir sesi pemberian materi dan tutorial, masyarakat sasaran diberikan tugas praktikum Microsoft PowerPoint. Hal ini dilakukan untuk dapat menguji sejauh mana pemahaman masyarakat sasaran terhadap materi yang telah dipaparkan pada sesi ini. Selanjutnya, pada sesi diskusi, dua orang masyarakat sasaran mengajukan pertanyaan terkait materi kedelapan yaitu, bagaimana cara kita untuk merekam video presentasi agar dapat menunjuk (pointing) objek-objek pada slide yang sedang kita jelaskan. Untuk menanggapi pertanyaan tersebut, penulis menjelaskan kembali mengenai tools Pointer Option yang dapat kita temukan pada halaman Record Slide Show. Tools ini dapat kita gunakan untuk menunjuk objek pada slide, saat kita sedang melakukan presentasi.

Dari pelaksanaan program pelatihan pada minggu keempat ini, tidak ada kendala yang berarti yang dialami oleh penulis. Namun ada satu kendala yaitu terkait dengan koneksi internet yang kurang stabil. Akibat dari kurang stabilnya koneksi internet penulis, masyarakat sasaran beberapa kali mengatakan bahwa mereka tidak bisa mendengar suara penulis dengan jelas. Namun, kendala tersebut segera terselesaikan setelah penulis menyambungkan perangkat komputer penulis menggunakan hotspot dengan provider yang berbeda dari yang pertama penulis gunakan.


Link Modul Pelatihan PowerPoint:

https://drive.google.com/file/d/1ZgZEIJHTmP8f_OIIBDhDX3QkrqJUrKrE/view?usp=sharing


Link Video Cuplikan Pelatihan PowerPoint 30 Juli 2021:

https://drive.google.com/file/d/1KKGqc-nysjrKFHAhv946ZNrbn5HmvwIh/view?usp=sharing








Tentang Penulis