Pemasaran Produk Olahan Keripik Singkong Pedas Manis
- Oleh Ifni Hevnyesia Br Munthe
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 297, Kelompok, Kelompok
Dalam pelaksanaan program KMbD 2020 yang sudah berjalan, yaitu berupa pelatihan pembuatan keripik singkong pedas manis penulis merancangkan 5 program kegiatan. Dari 5 program kegiatan tersebut sudah terlaksana sebanyak 4 kegitan secara lancar dan direspon baik oleh masyarakat sasaran. Dalam pelaksanaan program kegitan yang ke 4 penulis dan masyarakat sasaran melakukan pemasaran produk olahan keripik singkong pedas manis dengan memanfaatkan media sosial berupa Facebook, WhatsApp dan juga Instagram. Pemasaran produk ini berguna untuk memperkenalkan dan menjual produk olahan kepada khalayak umum. Pemasaran produk ini juga sudah terlaksana dengan baik dan direspon baik pula oleh masyarakat sasaran dan juga khalayak umum lainnya. Pemasaran produk ini memanfaatkan media sosial sebagai media perantara, dan dengan memasarkan produk olahan secara online juga memberikan dampak baik bagi penulis dan juga masyarakat sasarn. Adapun dampak baik yang dimaksud yaitu semakin memudahkan penulis dan masyarakat sasaran untuk mempromosikan produk olahan dan tentu tidak dibatasi oleh satu desa saja. Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial dan tidak berasal dari desa yang sama. Tentu hal tersebut juga akan berdampak pada penjualan produk yang semakin luas dan hal tersebut akan memberikan dampak baik berupa untung yang lebih banyak dalam penjualan produk olahan tersebut.