Pembagian Kuisioner Evaluasi Pelaksanaan KKNbD Tahun 2021 Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Sarimekar
- Oleh Ni Putu Lisa Indrayani
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 94, Kelompok, Kelompok
Pada hari Jumat,
30 Juli 2021 merupakan pertemuan saya yang keenam sekaligus terakhir dengan
masyarakat sasaran sehubungan dengan kegiatan KKNbD di Desa Sarimekar. Agenda
yang dilaksanakan pada pertemuan terakhir ini yaitu “Pembagian Kuisioner Evaluasi Pelaksanaan KKNbD Tahun 2021 Kepada
Masyarakat Sasaran.” Evaluasi ini dilakukan dengan cara mengirimkan sebuah link Google Form kepada masyarakat sasaran
melalui grup Whatsapp. Setelah itu, para
masyarakat sasaran hanya perlu mengisi atau menjawab pertanyaan yang ada pada
kuisioner tersebut dengan jujur. Pemberian kuisioner ini dilakukan guna
mengetahui pemahaman, kesan maupun pesan, serta minat para masyarakat sasaran setelah dilaksanakannya
kegiatan KKNbD. Evaluasi ini dilakukan dari pukul 10.00-12.51 WITA.
Berdasarkan evaluasi yang sudah
dilakukan dapat diketahui bahwa sebagian besar masyarakat menilai sangat baik kegiatan
KKNbD ini, dan mereka juga menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat
membantu meringankan masalah yang sedang dihadapi selama pandemi khususnya
dalam pemasaran produk lamak. Sebagian
besar masyarakat juga menyatakan bahwa mereka sudah memahami materi yang
diberikan dan terbesit juga niat dalam diri untuk mencoba menerapkan strategi
pemasaran tersebut pada usaha bisnis lamak
mereka kedepannya. Disamping itu, pada kuisioner saya juga menyertakan
pilihan terkait media sosial yang paling disukai serta rencana media sosial yang
akan digunakan kedepannya, dan bisa dikatakan sebagian besar memilih
menggunakan Facebook dan Whatsapp, sedangkan
Instagram tidak ada peminatnya. Alasannya karena menurut mereka penggunaan
Facebook dan Whatsapp ini dikatakan
lebih mudah dibandingkan Instagram serta mungkin lebih hemat juga penggunaan
kuotanya.
Mengenai kendala yang dihadapi selama pelaksanaan KKNbD ini bisa dikatakan tidak terlalu serius karena masih bisa ditangani dengan kemampuan yang dimiliki. Permasalahan atau kendala yang paling sering dialami yaitu terkait waktu pelaksanaan, dimana ada hari yang pelaksanaan kegiatannya diundur karena ada masyarakat sasaran yang masih memiliki kesibukan. Terkait kesan dan pesan masyarakat sasaran terhadap kegiatan KKNbD ini bisa dikatakan hampir semua merasa sangat senang dan berharap semoga kedepannya materi maupun pelatihan terkait strategi pemasaran yang sudah diberikan dapat bermanfaat dan bisa menjadi tuntunan atau pegangan untuk kemajuan usaha bisnis lamak kedepannya.
Link Kuisioner
Evaluasi:
https://forms.gle/CcSN43jY1vGWzksV8
Link Hasil
Evaluasi:
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1xGEsVjrtL9BtF-K9p0KOdrv6mGBryk1Vnjmq1dNjiq0/edit?usp=sharing