Pembagian Kuisioner Evaluasi Pelaksanaan KKNbD Tahun 2021 Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Sarimekar

        Pada hari Jumat, 30 Juli 2021 merupakan pertemuan saya yang keenam sekaligus terakhir dengan masyarakat sasaran sehubungan dengan kegiatan KKNbD di Desa Sarimekar. Agenda yang dilaksanakan pada pertemuan terakhir ini yaitu “Pembagian Kuisioner Evaluasi Pelaksanaan KKNbD Tahun 2021 Kepada Masyarakat Sasaran.” Evaluasi ini dilakukan dengan cara mengirimkan sebuah link Google Form kepada masyarakat sasaran melalui grup Whatsapp. Setelah itu, para masyarakat sasaran hanya perlu mengisi atau menjawab pertanyaan yang ada pada kuisioner tersebut dengan jujur. Pemberian kuisioner ini dilakukan guna mengetahui pemahaman, kesan maupun pesan, serta minat para masyarakat sasaran setelah dilaksanakannya kegiatan KKNbD. Evaluasi ini dilakukan dari pukul 10.00-12.51 WITA.

        Berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa sebagian besar masyarakat menilai sangat baik kegiatan KKNbD ini, dan mereka juga menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat membantu meringankan masalah yang sedang dihadapi selama pandemi khususnya dalam pemasaran produk lamak. Sebagian besar masyarakat juga menyatakan bahwa mereka sudah memahami materi yang diberikan dan terbesit juga niat dalam diri untuk mencoba menerapkan strategi pemasaran tersebut pada usaha bisnis lamak mereka kedepannya. Disamping itu, pada kuisioner saya juga menyertakan pilihan terkait media sosial yang paling disukai serta rencana media sosial yang akan digunakan kedepannya, dan bisa dikatakan sebagian besar memilih menggunakan Facebook dan Whatsapp, sedangkan Instagram tidak ada peminatnya. Alasannya karena menurut mereka penggunaan Facebook dan Whatsapp ini dikatakan lebih mudah dibandingkan Instagram serta mungkin lebih hemat juga penggunaan kuotanya.

        Mengenai kendala yang dihadapi selama pelaksanaan KKNbD ini bisa dikatakan tidak terlalu serius karena masih bisa ditangani dengan kemampuan yang dimiliki. Permasalahan atau kendala yang paling sering dialami yaitu terkait waktu pelaksanaan, dimana ada hari yang pelaksanaan kegiatannya diundur karena ada masyarakat sasaran yang masih memiliki kesibukan. Terkait kesan dan pesan masyarakat sasaran terhadap kegiatan KKNbD ini bisa dikatakan hampir semua merasa sangat senang dan berharap semoga kedepannya materi maupun pelatihan terkait strategi pemasaran yang sudah diberikan dapat bermanfaat dan bisa menjadi tuntunan atau pegangan untuk kemajuan usaha bisnis lamak kedepannya.


Link Kuisioner Evaluasi:

https://forms.gle/CcSN43jY1vGWzksV8

 

Link Hasil Evaluasi:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1xGEsVjrtL9BtF-K9p0KOdrv6mGBryk1Vnjmq1dNjiq0/edit?usp=sharing



Tentang Penulis