Pemberian Materi Edukasi 1 dengan Topik “Aplikasi Pencatatan Keuangan"

Setelah sebelumnya mempersiapkan materi dengan topik “Aplikasi Pencatatan Keuangan”, kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah memberikan materi tersebut kepada masyarakat sasaran dengan mengirimkan link video presentasi yang telah saya upload di Youtube, pada grup WhatsApp bersama masyarakat sasaran. Materi yang telah saya berikan menyesuaikan dengan peta persoalan masyarakat sasaran yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terkait pencatatan keuangan sehari-hari. Dalam pemberian edukasi, terdapat 2 topik pembahasan yang saya bahas dalam video, yaitu:

  1. Pentingnya Mencatatan Keuangan Sehari-hari. Saya memberikan edukasi terkait pentinya melakukan pencatatan keuangan sehari-hari apalagi pada kondisi Pandemi Covid19 ini, yang artinya kita harus mulai mengatur keuangan secara teratur untuk menghemat keuangan bagi kebutuhan kedepannya.
  2. 5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan. Saya memberikan edukasi terkait 5 aplikasi yang dapat digunakan masyarakat sasaran untuk melakukan pencatatan keuangan mereka sehari-hari. Tentunya aplikasi-aplikasi yang saya rekomendasikan dapat membantu masyarakat sasaran mencatatan keuangan mereka dengan mudah, sederhana, dan dilengkapi dengan fitur yang lengkap, sehingga masyarakat sasaran tidak mengalami kesulitan.

Pemberian materi edukasi yang saya lakukan, telah berlangsung pada Kamis, 8 Juli 2021 melalui grup WhatsApp. Namun sebelumnya pada Selasa, 6 Juli 2021 saya telah melakukan konfirmasi terkait media pemberian materi edukasi tersebut. Dikarenakan terdapat 2 orang masyarakat sasaran saya yang berhalangan pada tanggal 8 Juli 2021 untuk melakukan pertemuan melalui media google meet atau zoom, maka saya memilih membuat video penjelasan materinya dan membagikannya melalui grup WhatsApp. Tujuan dari materi edukasi dengan topik “Aplikasi Pencatatan Keuangan” ini adalah untuk memotivasi masyarakat sasaran untuk mulai melakukan pencatatan keuangan sehari-hari dengan aplikasi sederhana karena mencatatan keuangan merupakan hal yang penting dilakukan apalagi kita dihadapi dengan situasi Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sehingga keuangan menjadi lebih teratur dan kita bisa berhemat. Selain itu, tujuan lainnya adalah mengenalkan dan merekomendasikan aplikasi-aplikasi pencatatan keuangan yang dapat digunakan dengan mudah dan sederhana kepada masyarakat sasaran.

Video penjelasan dan PPT dari materi edukasi 1 dengan topik “Aplikasi Pencatatan Keuangan” dapat dilihat pada link berikut:

https://youtu.be/tQm76qr4luY

https://drive.google.com/file/d/1P9QgfOxjyPE2a_LhlPKn-1iWFiU6IquE/view?usp=drivesdk

Tentang Penulis
Ni Putu Ayu Septiyani Putri