Pemberian Quiz Menggunakan Media Quizizz dan Evalusi Hasi Quiz Minggu 3 (Descriptive Text)

Dua hari setelah diskusi mengenai descriptive text yang dilakukan melalui grup WA, pelaksana menyiapkan quiz untuk masyarakat sasaran yang berkaitan dengan topik yang sudah didiskusikan. Quiz pada pertemuan terakhir pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan siswa/siswi atau masyarakat sasaran yaitu pada hari Senin, 27 Juli 2020. Quiz diberikan guna mengetahui tingkat pemahaman siswa terkait materi yang sudah dibahas. Jumlah pertanyaan pada quiz di minggu kedua ini yaitu 10 soal. Quiz yang dibuat menggunakan media Quizizz, yang mana dapat meningkatkan daya tarik mereka karena pengerjaan soal-soal layaknya bermain game. Selain itu, pengerjaannya juga cukup menantang karena pelaksana memberikan limitasi waktu disetiap pertanyaanya. Hal ini dilakukan agar siswa/siswi fokus dalam menjawab tiap soal. Setelah quiz berhasil diselesaikan, mereka memberikan bukti melalui screenshoot hasil quiz dan menunjukkan pertanyaan-pertanyaan yang masih salah. Pertanyaan yang masih salah akan dibahas kembali oleh pelaksana sebagai bentuk evaluasi pembelajaran disetiap minggunya.

Evaluasi hasil quiz dengan topik descriptive text dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Juli 2020. Pada evaluasi quiz di pertemuan-pertemuan sebelumnya, pelaksana hanya membahas pertanyaan-pertanyaan yang masih salah dijawab. Pelaksana menjumlahkan pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas kembali agar siswa/masyarakat sasaran benar-benar paham tentang materi yang diberikan disetiap minggunya. Namun, pada materi descriptive text, dilihat dari hasil quiz siswa, terlihat siswa sudah sangat memahami materi yang diberikan. Semua siswa/siswi mampu menjawab quiz nya dengan benar. Sehingga, hasil quiz menunjukkan tidak ada yang perlu dibahas atau dijelaskan kembali terkait soal-soal yang ada pada quiz. Walau seperti itu, pelaksana tetap menanyakan atau memastikan apakah ada hal-hal yang perlu dibahas kembali atau tidak.

Gambar dokumentasi berupa screenshoots kegiatan akan dicantumkan untuk menunjukkan telah terlaksanakannya kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah dirancang. 

Tentang Penulis