Pembinaan dan Pelatihan Pembuatan Akun Media Sosial untuk Bisnis

Pembinaan dan Pelatihan Pembuatan Akun Media Sosial untuk Bisnis


        Senin, 27 Juli 2020. Pembinaan dan pembuatan akun media sosial yang diperuntukan untuk membantu dalam pemasaran produk dari masyarakat secara online merupakan kegiatan yang telah saya laksanakan pada hari ini, lebih tepatnya pada pelaksanaan kegiatan ke-6 saya pada program KMbD Undiksha 2020. Tujuan dari pelaksanaan ini adalah untuk memberikan pengarahan mengenai peran akun dari media sosial ini dalam mendukung pemasaran online yang akan dilaksanakan. Kegian ini dilaksanakan dengan melakukan diskusi yang dimana ini merupakan kemauan dari masyarakat dengan anggapan bahwa dengan diskusi topik yang dibahas lebih bisa dipahami serta menambah daya interaktif antar masyarakat dengan mahasiswa.
        Mengenai tutorial pembuatan akun media sosial ini tidak saya berikan kepada masyarakat sasaran, hal ini bukan tanpa alasan melainkan masyarakat sasaran paling sedikit sudah memiliki satu dari ketiga media sosial yang saya rekomendasikan (WhatsApp, Instagram, dan Facebook). Melihat masyarakat yang sudah memiliki akun dari ketiga media sosial tersebut, membuat saya beranggapan langkah dari tutorial pembuatan akun ini bisa dikesampingkan karena ini juga bisa mereka akses di internet yang tanpa perlu saya buatkan materi/ tutorialnya mereka sudah bisa melakukannya.
        Dari diskusi yang telah dilaksanakan, beberapa masyarakat sasaran belum bisa mengikuti jalannya diskusi secara penuh dikarenakan ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, secara keseluruhan hasil diskusi yang dapat disimpulkan adalah masyarakat sasaran memilih media sosial yang akan digunakan dalam pemasaran online sesuai dengan keadaan (sikon) dari produk yang akan mereka promosikan. Sebagai contoh dari Kadek Juni (Bli Juni), beliau menggunakan media sosial berupa Facebook dalam pemasaran produknya dikarenakan jenis produknya berupa buah-buahan, produknya sendiri dalam jumlah atau skala yang besar sehingga dengan pemasaran menggunakan Facebook  yang notabene penyebaran informasinya sangat luas dan cepat, jadi beliau tidak perlu kuwatir jika kewalahan dalam menyediakan barang karena selain dari kebun sendiri beliau juga menjadi pengepul dari petani lain.
      Dalam tahap akhir pelaksanaan program KMbD ini, tepatnya nanti pada 31 Juni akan dilaksanakan evaluasi oleh masyarakat sasaran terkait keseluruhan program kegiatan yang telah saya laksanakan, tahap ini merupakan penilaian dari pribadi masyarakat kepada saya selaku yang menjalankan kegiatan yang nantinya akan menggunakan media google formulir sebagai wadah untuk menampung tanggapan dari setiap masyarakat sasaran.
 





Tentang Penulis