Pembuatan Forum Diskusi, Mempersiapkan Materi atau Bahan Ajar, dan Melakukan Penyusunan Video Pembelajaran

     KKN Mandiri berbasis Daring (KMbD) adalah suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19. KKN Mandiri berbasis Daring (KMbd) ini dilaksanakan dengan menggunakan metode daring atau yang lebih dikenal dengan berbasis online dan dilaksanakan secara mandiri. Di dalam melaksanakan program kerja yang telah disusun, maka tentunya melibatkan masyarakat sasaran yang ditentukan melalui observasi yang telah dilaksanakan.

    Untuk memudahkan di dalam berkomunikasi dengan masyarakat sasaran, maka dibuatlah forum diskusi dengan menggunakan media WhatsApp Group. Pada tanggal, 28 Mei 2020 setelah dilakukannya observasi dan menentukan masyarakat sasaran, maka dibuatlah WhatsApp Group untuk lebih memudahkan di dalam berkomunikasi dengan masyarakat sasaran.

    Setelah dibuatnya WhatsApp Group tersebut, pada tanggal 6 Juli 2020 dilakukanlah diskusi untuk menyepakati materi yang akan dibahas pada video pembelajaran. Adapun materi pembelajaran yang telah disepakati adalah materi mengenai Perpangkatan dan Bentuk Akar.

    Setelah materi yang dibahas telah disepakati, maka pada tanggal 6 Juli 2020 dilakukan penyusunan materi untuk video pembelajaran pertama yaitu mengenai perpangkatan. Materi ini disusun agar lebih memudahkan di dalam pembuatan video pembelajaran yang akan diberikan kepada masyarakat sasaran. 

Adapun materi yang telah disusun tersebut, dapat diakses melalui link berikut ini :

https://drive.google.com/file/d/1Bmx3ilxJ7Ejf5MDsg3XsEWNmISVG0QcF/view?usp=sharing 

    Pada tanggal 7 Juli 2020, dilakukan penyusunan power point mengenai materi perpangkatan. Power point ini berisikan mengenai inti materi pembelajaran yang digunakan sebagai media penunjang di dalam pembuatan video pembelajaran. Penyusunan power point ini juga bertujuan agar video yang diberikan kepada masyarakat sasaran terlihat lebih menarik dan lebih mudah untuk menjelaskan materi yang dibahas.

Adapun power point yang telah disusun tersebut, dapat diakses melalui link berikut ini :

https://drive.google.com/file/d/1kw8n3DH9xUIhDRZbG47epgFGmYrQ1kQ_/view?usp=sharing

    Pada tanggal 8 Juli 2020, dilakukannya pembuatan video pembelajaran pertama dengan materi perpangkatan. Pada video pertama ini membahas mengenai bilangan perpangkatan, perkalian pada perpangkatan, memangkatkan suatu perpangkatan, memangkatkan suatu perkalian bilangan, pembagian pada perpangkatan, perpangkatan pada pecahan, bilangan real tak nol pangkat nol, dan bilangan real tak nol pangkat bulat negatif yang disertai dengan contoh soal beserta dengan penyelesaiannya. Video pembelajaran ini diharapkan mampu membantu masyarakat sasaran untuk memahami materi dan termotivasi untuk belajar.

Untuk menyimak lebih lanjut mengenai video pembelajaran yang telah disusun, maka dapat diakses melalui link sebagai berikut :

https://drive.google.com/file/d/1pP6iXnZ0Lzl0qyv1NvPGrTGTVb5XsClC/view?usp=sharing