Pembuatan Group WhatsApp Masyarakat KMbD Undiksha

                                                                                                                                                                    Masbagik Utara Baru, 06 Juli 2020

“ Edukasi Pencegahan COVID-19 Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Prilaku Hidup Sehat dan Bersih di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat Di Desa Masbagik Utara Baru, Kec. Masbagik, Kab. Lombok Timur”



- Profil Desa

Desa masbagik utara baru terletak pada ketinggian 336-400 m diatas permukaan laut.  Desa masbagik utara baru memiliki luas wilayah  177,00  ha,  dengan  jumlah penduduk pada tahun 2017 ini sebesar 6152 jiwa dengan jumlah kk 1822. Jarak tempuh dari ibu kota kec. Masbagik sepanjang 3km dan ke  ibu  kota  kabupaten  sepanjang  8  km  serta  jarak  ke  ibu  kota propinsi sepanjang 49 km.
Masbagik Utara Baru adalah salah satu desa yang terkena dampak covid-19 dari ribuan desa yang ada di Indonesia. Masalah yang terjadi di Desa Masbagik Utara Baru tidak jauh berbeda dengan masalah yang terjadi di desa yang ada di provinsi NTB, yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara pencegahan covid-19 dilingkungan keluarga dan masyarakat, seprti tidak mematuhi protokol kesehata,tidakmenjaga jarak, serta tidak memakai masker saat keluar rumah. dalam kegiatan ini masyarakat sasaran yang dituju sebanyak 5 orang yang merupakan masyarakat yang berusia produktif dan berada dilingkungan keluarga yang memiliki anggotakeluarga yang berusia lanjut serta anak kecil seperti, pemuda-pemudi, IRT (Ibu rumah tangga), dan pegawai swasta, dimana masing-masing masyarakat sasaran tentunya memiliki masalah yang sama atau yang berkaitan dengan upaya pencegahan covid-19 secara klinis.
Kegiatan 1

Membuat group whatsapp untuk mempermudah penyaluran informasi serta materi yang akan disampaikan selama kegiatan berlangsung, dan juga untuk mengefisiensikan waktu antara masyarakat sasaran dan mahasiswi KMbd. selain itu saya selaku mahasiswi KMbd terlebih dahulu memperkenalkan diri agar memudahkan dan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat sasaran yang dituju. memberikan jadwal kegiatan yang berlangsung selama satu bulan kedepan kepada masyarakat sasaran agar mengetahui kegiatan dan waktu dalam pelaksanaan KMbd ini.

Tentang Penulis