Pembuatan Grup WhatsApp dan Memberikan Informasi Mengenai New Normal

Pada tanggal 9 Juli 2020 merupakan pembuatan Group WhatsApp untuk masyarakat sasasaran yang berjumlah 2 orang dari keluarga masyarakat sasaran yang nantinya akan diberikan kepada masing-masing anggota keluarga masyarakat sasaran. Di zaman sekarang ini WhatsApp sudah menjadi aplikasi andalan untuk komunikasi bagi sebagian besar orang mulai anak muda hingga orang dewasa.WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet.

Dimana di dalam WhatshApp terdapat fitur yaitu Group WhatsApp yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang.

Adapun cara untuk membuat Grup WhatsApp:

1. Buka tab CHAT di WhatsApp.

2. Ketuk Opsi lainnya > Grup baru.

  • Alternatif lainnya, ketuk Chat baru > Grup baru.

3. Cari atau pilih kontak yang ingin ditambah ke grup. Kemudian ketuk tanda panah hijau.

4. Masukkan subjek grup. Ini akan menjadi nama grup yang akan dilihat oleh semua peserta.

  • Batas jumlah karakter untuk subjek adalah 25 karakter
  • Anda dapat menambah emoji di subjek grup dengan mengetuk ikon Emoji.
  • Sebagai opsi, Anda dapat menambah ikon grup dengan mengetuk ikon Kamera. Anda dapat memilih untuk menggunakan Kamera, Galeri atau Cari di Web untuk menambahkan gambar. Setelah disetel, ikon tersebut akan tampil di samping nama grup di tab CHAT.

5. Ketuk tanda centang hijau setelah selesai.


Setelah selesai pembuatan Grup WhatsApp, selanjutnya dilanjutkan dengan mengirimkan video mengenai "Apa itu New Normal" kepada Masyarakat Sasaran yang nantinya akan disebar luaskan kepada seluruh anggota keluarga Masyarakat Sasaran. Dengan begitu seluruh anggota keluarga Masyarakat Sasaran baik itu yang ikut serta di dalam Grup WhatsApp maupun tidak atau bahkan anggota keluarga yang pasif terhadap teknologi akan dapat menerima informasi mengenai "Apa itu New Normal".


Di masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini banyak orang seperti guru, siswa, dosen, mahasiswa yang menggunakan Group WhatsApp sebagai alat bekomunikasi di masa pandemi Covid-19 ini dikarenakan fitur ini memudahkan seseorang untuk merespons segala sesuatu denan cepat. Guru, siswa, dosen, mahasiswa memanfaatkan Group WhatsApp untuk mengirimkan tugas, berkomunikasi, berdiskusi, dan saling bertukar informasi. 

Seperti yang saya lakukan di masa pandemi covid-19 ini saya memanfaatkan fitur WhatsApp ini untuk melakuan sosialisasi dan pelalatihan kepada masyarakat sasaran. Saya menggunakan Group WhatsApp dikarenakan fitur WhatsApp ini sangat mudah unuk digunakan dan diakses sebagai tempat untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat sasaran.



Tentang Penulis