Pembuatan Hand Sanitizer Dengan Bahan Sederhana Kepada Siswa-Siswa Mts Al-Khairiyah

Saya telah melaksanakan kegiatan pembuatan hand sanitizer dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah di dapatkan. Sebelum itu saya sangat berupaya keras agar bisa melakukan kegiatan secara tatap muka dengan tetap menjalankan prokes dengn ketat. Setelah saya pergi ke sokolah pada tgl 29 juli 2021 pagi untuk membicarakan bahwa saya ingin melakukan kegiatan tatap muka pembuatan hand sanitizer. Setelah itu di pertemukanlah dengan pembimbing kesiswaan yang bertanggung jawab dalam hal ini. 

Kemudian saya ceritakan berkaitan dengan proker saya pembuatan hand sanitizer dan kegiatan kkn saya yang hanya menargetkan 5-10 orang dengan kondisi yang sedang di lakukan sekolah daring ini saya pikir pihak sekolah tidak mengizinkanya akan tetapi pihak sekolahnya bisa mendatangkan siswannya dalam kegiatan pembuatan hand sanutizer ini.

Dan di tetapkanlah, saya ingin kegiatan di laksanakan besok tanggal 30 Juli 2021 pagi jam 09: 00 wita dan pihal dari kesiswaannya juga setuju yang menerinya dengan senang hati dan akan menyiapkan 10 siswa yang akan ikut dalam kigatan pembuatan hand sanitizer.

Pembuatan Hand Sanitizer.
Sebelum melakukan praktek langsung kepada siswa pada tanggal 28 Juli 2021 yang telah melakukan uji coba cara membuat hand sanitizer dengan bahan yang sederhana dan mudah di dapatkan.
Adapun bahan yang di perlukan:
  1. Alkohol 70%
  2. Alafere (di ganti lidah buaya) 70 gram
  3. Aseson oil ( Parfum) 2 tetes

Alat-alat:

  1. Pisau
  2. Penyating
  3. 2 wadah air
  4. Sendok
  5. Dan botol kecil untuk menyimpan hand sanitizer yang telah jadi

Dan setelah bahan ini di siapkan saya berangkat ke tegallinggah ke tempat mts dan saya tepat watku dan siswanya sudah menunggu. Dan saya langsung izin ke bagian kesiswaan untul langsung praktek pembuatan hand sanitizer.

Setelah saya menjelaskan pembuatan hand sanitizer saya langsung menyuruh siswa-siswa tersebut agar dapat mencoba buat langsung hand sanitizer yang telah saya praktekan. Dan dengan semangat siswanya mau melakukannya dan saya berikan bahan dan alatnya.

Siswa-siswa tersebut sangat mudah mempraktekan apa yang telah saya jelaskan tadi meraka langsung buat dan saya memperhaikan langkah-langkah serta membimbingya kalau mereka saya. Terutama saya mengingatkan agar jangan main-main dengan alkohol.

Ternyata mereka cepat menangkap apa yang telah di jelaskan, dan mereka juga bilang bahan-bahannya mudah di temukan dan mereka berhasil membuat satu butu kecil hand sanitizer dengan bahan-bahan sederhana tadi. Saya bersukur mereka bisa meyelesaikanya.

Ketika saya bertanya bagaimana tahapan pembuatan hand sanitizer tadi salah satu siswa menjawab:

  1. pertama potong lidah buayanya kemuafian ambil dagingnya buang kulitnya.
  2. Setelah daging banyak di ambil kemudian cuci hilangkan yang lendir-lendir dengan air.
  3. Kemudian setelah di cuci, di haluskan dengan saringan dengan menindiknya agar bisa hancur.
  4. Setelah itu masukan ke wadah keci atau botol kecil yang yelah disediakan.
  5. Kemudia masukan alkohol 70 persen kemudian di kocok
  6. Baru setelah itu masukin parfum 2 tetes biar wangi.

Mereka dapat menjesakanya dengan baik walaupun dalam pelaksanaanya masih ada beberapa kekurangan. Itulah kegiatan pembuatan hand sanitizer dengan menggunakan bahan yang sederhana yang dapat saya lakukan semoga berguna.