Pendampingan Pemanenan Ikan Lele dan Sayur Kangkung

Kegiatan akhir dari program kerja ini adalah dengan melakukan “Pendampingan Pemanenan Ikan Lele dan Sayur Kangkung” kepada masyarakat sasaran. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 Juli 2021 pada pukul 08.00 Wita. Pendampingan ini dilakukan secara langsung kepada masing-masing masyarakat sasaran. Kegiatan ini dilakukan untuk mengarahkan masyarakat supaya melakukan pemanenan dengan baik dan benar sesuai dengan pelatihan yang sebelumnya dilakukan.

Pemanenan pada Budikdamber yang dilakukan pertama adalah memanen sayur kangkung. Masyarakat memotong sayur kangkung yang akan dipanen, kemudian mereka melakukan pembersihan pada kangkung untuk dikonsumsi pribadi. Masyarakat juga ada yang menjual kangkung hasil budidayanya dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan. Pemanenan kedua setelah sayur kangkung adalah memanen ikan lele yang mereka budidaya. Ikan lele yang sudah siap untuk dikonsumsi dapat dipanen oleh masyarakat. Masyarakat sasaran sebagian besar menjual hasil panen ikan lele sehingga mereka mendapatkan penghasilan di tengah pandemi Covid-19. Ikan lele yang belum dipanen, mereka budidaya kembali hingga ikan lele tersebut dapat dipanen sesuai ukuran konsumsi.

Kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 11.30 Wita. Pada saat pemanenan, dilakukan dokumentasi sebagai bukti hasil kegiatan akhir dari program kerja KKNbD.

 

Berikut link hasil dokumentasi kegiatan akhir :

https://drive.google.com/drive/folders/1-5PR0eOh-OYFwMKPRuro-ejRPl6VtdVP?usp=sharing