Pendampingan Penerapan Pemasaran Online Hari Ke-2
- Oleh Ni Made Nendra Rosiana Ningrum
- Wednesday 29/07/2020
- Kelompok 282, Kelompok, Kelompok
Minggu keempat pelaksanaan
KMbD, kegiatan yang dilakukan yaitu penerapan/implementasi pemasaran online
oleh para mitra. Penerapan pemasaran online ini semula akan dilakukan pada tanggal
1 Agustus dan 2 Agustus 2020, namun di majukan pelaksanaannya menjadi tanggal
29 Juli 2020 pada sesi pertama pukul 16.30 sampai 17.17 WITA dan sesi kedua
pukul 18.00 sampai 19.27 WITA. Dalam pendampingan penerapan pemasaran online,
kegiatan pendampingan dilakukan secara daring (online) dengan bantuan media
Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang berpartisipasi hari ini yaitu
pak Anugrah (Made Udiani) dan pak Putu Suwitra.
Pada penerapan ini, mitra
boleh memilih menggunakan media sosial yang dipakai untuk melakukan pemasaran
online. Media sosial yang diharapkan dapat digunakan oleh para mitra yaitu
Whatsapp Story dan Marketplace/postingan Facebook. Pada Whatsapp biasanya hanya
terdapat teman-teman dekat saja, maka dalam melakukan pemasaran menggunakan
Whatsapp lebih sederhana dan lebih mudah menawarkan produk kepada orang-orang
yang sudah dikenal. Penggunaan Facebook sebagai media pemasaran sangat
bermanfaat dan sangat membantu pengusaha. Facebook menawarkan beberapa fitur
penjualan, seperti marketplace dan fitur jual sesuatu di postingan Facebook,
dimana fitur-fitur ini sangat membantu bagi pengusaha kecil.
Kedua mitra yang
berpartisipasi hari ini mencoba menggunakan kedua media sosial tersebut, yaitu
menggunakan Whatsapp Story dan Marketplace Facebook. Mitra pak Anugrah memiliki
masalah mengenai penggunaan marketplace dari fitur Facebook, karena mitra belum
pernah sama sekali mencoba fitur penjualan tersebut. Solusi yang diberikan
untuk mitra yaitu memberi tutorial video cara menggunakan marketplace yang
diambil dari Youtube. Sedangkan mitra pak Suwitra tidak mengalami kendala dalam
menggunakan fitur penjualan dari Facebook, karena mitra sudah beberapa kali
menggunakan fitur tersebut. Hanya saja penggunaan foto yang dipakai sebagai produk pemasarannya kurang menarik, saran yang diberikan untuk mitra yaitu menggunakan foto lainnya yang lebih baik lagi, agar calon pelanggan yang melihat tidak ragu untuk membeli. Dalam penggunaan media Whatsapp Story, kedua mitra
tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Dari hasil pendampingan
tersebut, mitra sasaran menerima dan melakukan dengan baik pemasaran yang
disarankan dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan penerapan ini
diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran online yang baik.
Referensi
Cara menggunakan
marketplace Facebook: https://youtu.be/DI0gUlhjrxA