Pendampingan Penerapan Pemasaran Online Hari Ke-2

Minggu keempat pelaksanaan KMbD, kegiatan yang dilakukan yaitu penerapan/implementasi pemasaran online oleh para mitra. Penerapan pemasaran online ini semula akan dilakukan pada tanggal 1 Agustus dan 2 Agustus 2020, namun di majukan pelaksanaannya menjadi tanggal 29 Juli 2020 pada sesi pertama pukul 16.30 sampai 17.17 WITA dan sesi kedua pukul 18.00 sampai 19.27 WITA. Dalam pendampingan penerapan pemasaran online, kegiatan pendampingan dilakukan secara daring (online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang berpartisipasi hari ini yaitu pak Anugrah (Made Udiani) dan pak Putu Suwitra.

Pada penerapan ini, mitra boleh memilih menggunakan media sosial yang dipakai untuk melakukan pemasaran online. Media sosial yang diharapkan dapat digunakan oleh para mitra yaitu Whatsapp Story dan Marketplace/postingan Facebook. Pada Whatsapp biasanya hanya terdapat teman-teman dekat saja, maka dalam melakukan pemasaran menggunakan Whatsapp lebih sederhana dan lebih mudah menawarkan produk kepada orang-orang yang sudah dikenal. Penggunaan Facebook sebagai media pemasaran sangat bermanfaat dan sangat membantu pengusaha. Facebook menawarkan beberapa fitur penjualan, seperti marketplace dan fitur jual sesuatu di postingan Facebook, dimana fitur-fitur ini sangat membantu bagi pengusaha kecil.

Kedua mitra yang berpartisipasi hari ini mencoba menggunakan kedua media sosial tersebut, yaitu menggunakan Whatsapp Story dan Marketplace Facebook. Mitra pak Anugrah memiliki masalah mengenai penggunaan marketplace dari fitur Facebook, karena mitra belum pernah sama sekali mencoba fitur penjualan tersebut. Solusi yang diberikan untuk mitra yaitu memberi tutorial video cara menggunakan marketplace yang diambil dari Youtube. Sedangkan mitra pak Suwitra tidak mengalami kendala dalam menggunakan fitur penjualan dari Facebook, karena mitra sudah beberapa kali menggunakan fitur tersebut. Hanya saja penggunaan foto yang dipakai sebagai produk pemasarannya kurang menarik, saran yang diberikan untuk mitra yaitu menggunakan foto lainnya yang lebih baik lagi, agar calon pelanggan yang melihat tidak ragu untuk membeli. Dalam penggunaan media Whatsapp Story, kedua mitra tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Dari hasil pendampingan tersebut, mitra sasaran menerima dan melakukan dengan baik pemasaran yang disarankan dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan penerapan ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran online yang baik.

Referensi

Cara menggunakan marketplace Facebook: https://youtu.be/DI0gUlhjrxA

Tentang Penulis
Ni Made Nendra Rosiana Ningrum