Pendampingan Posting Produk, Promosi Akun Bisnis Online, serta Pendampingan Cara Menerima Orderan dan Melayani Chat/Pesan dari Pelanggan

    Pendampingan posting produk, promosi akun bisnis online, serta pendampingan cara menerima orderan dan melayani chat/pesan dari pelanggan dilakukan secara langsung dengan menemui masyarakat sasaran ke rumahnya masing-masing. Pendampingan posting produk dilaksanakan pada Jumat, 23 Juli 2021. Posting produk dilakukan pada akun bisnis online yang telah dibuat (facebook dan instagram). Sebelumnya foto produk dan caption sudah disipakan terlebih dahulu, lalu siap diposting setelah diedit sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Produk yang diposting terdiri gula aren batok dan gula aren cair (juruh aren). Pempostingan dilakukan oleh masyarakat sendiri, sedangkan mahasiswa hanya memberikan penjelasan terkait cara melakukan posting. Berdasarkan petunjuk yang diberikan, masyarakat dapat melakukan posting produk dengan baik. Dengan hal ini diharapkan selanjutnya masyarakat dapat memposting produknya secara mandiri, serta konten-konten postingan juga dapat dibuat lebih menarik lagi.

    Selanjutnya, dilaksanakan pendampingan promosi akun bisnis online. Promosi akun bisnis online dilakukan agar masyarakat luas mengetahui tempat belanja online untuk memperoleh Gula Aren Silangjana. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juli 2021. Setelah memuat konten atau postingan yang menarik pada akun bisnis online, maka dapat dilakukan promosi ini. Promosi  dilakukan oleh masyarakat sendiri dengan mengirimkan informasi akun bisnis online kepada orang-orang terdekat dan masyarakat yang dikenalnnya. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai produk yang tersedia. Sehingga, selanjutnya apabila masyarakat hendak membeli gula aren dapat melakukan pemesanan secara online. Dengan demikian tentu masyarakat sangat mudah membeli gula aren yang diminati.

    Setelah akun bisnis online siap digunakan untuk melaksanakan jual beli gula aren, tentunya akan muncul chat/pesan dari pelanggan. Biasanya masyarakat akan melakukan pemesanan ataupun menanyakan kualifkasi produk yang diminati melalui fitur chat yang tersedia pada akun bisnis online. Dalam hal ini tentunya penjual/admin harus menggunakan bahasa yang komunikatif dan bersahabat dalam menanggapi pelanggan. Hal ini berkaitan dengan kualitas layanan, layanan yang baik akan mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk yang diminati, begitu pula sebaliknya kualitas layanan yang kurang baik akan menghilangkan minat pelanggan dalam membeli produk yang hendak dicari. Berkaitan dengan hal ini, maka masyarakat diberikan pelatihan cara menyusun kalimat yang menarik dan komunikatif dalam menanggapi chat/pesan pelanggan. Pelatihan ini dilakukan pada Senin, 26 Juli 2021.

 

 

Tentang Penulis