Pendampingan Usaha Online dan Cara Membuat Konten Promosi Hari Keempat,”Membuat Caption untuk Konten Promosi serta Mulai Memposting Produk pada Akun Binis yang Masyarakat Sasaran Gunakan”
- Oleh Putu Diah Purnami Dewi
- Sunday 02/08/2020
- Kelompok 326, Kelompok, Kelompok
Sabtu, 01 Agustus 2020 telah dilaksanakan pendampingan
usaha online dan cara membuat konten promosi hari keempat yaitu membuat caption
untuk konten promosi serta mulai memposting produk pada akun bisnis yang
masyarakat sasaran gunakan. Kegiatan pendampingan dilaksanakan secara online
via Group Whatsapp yang dimulai pada
pukul 09.04 Wita dan berakhir pada pukul 20.41 Wita. Kegiatan pada hari ini
berlangsung cukup lama dikarenakan salah satu dari masyrakat sasaran memiliki
suatu kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan.
Adapun kegiatan pada hari ini yaitu membuat caption dan
memposting produk pada akun bisnis. Dalam membuka kegiatan pada hari ini saya
memberikan informasi mengenai cara membuat caption, waktu yang baik untuk
memposting suatu produk di media sosial, serta baiknya jumlah foto yang di
upload pada akun disetiap harinya. Tentu sebelum memposting foto kita harus
membuat caption terlebih dahulu. Dimana caption sangat penting dalam kita
mempromosikan produk, karena salah satu strategi dari pemasaran produk yaitu
dapat membuat caption dan feed ada akun media sosial yang digunakan menarik,
agar konsumen merasa tertarik untuk melihat produk-produk yang dijual. Adapun
hal yang harus diperhatikan dalam membuat caption yaitu
1.
Berbahasa
yang tepat
2.
Awali
kalimat dengan hal yag menarik
3.
Panjang
pendek caption erlu diperhatikan
4.
Call
To Action
5.
Membuat
audiens tertarik dengan produk yang akan dijual
6.
Menggunakan
hastag
Setelah menjelaskan mengenai cara membuat caption
selanjutnya saya memberikan informasi mengenai waktu yang baik serta jumlah
postingan yang baik di upload pada tiap harinya, hal tersebut sangat diperlukan
untuk meningkatkan konsumen yang melihat postingangan kita dan tidak merasa
bosan, ada baiknya jika kita memposting foto disaat jam-jam sedang santai dan
bukan dijam kerja, karena jika kita memposting dijam-jam kerja, maka sedikit
kemungkinan konsumen akan membuka media sosial dan melihat postingan kita. Selanjutnya
memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk mencoba membuat caption
yang menarik sesuai dengan tingkat kreatifitas mereka. Tujuan dari kegiatan ini
yaitu masyarakat sasaran dapat membuat caption yang menarik agar dapat menarik
konsumenn untuk melihat poduk yang telah dipromosikan serta masyarakat sasaran
dapat membuat feed instagram maupun facebook dengan rapi.
Hasil caption yang dibuat oleh masyarakat sasaran sangat
bagus dan menarik serta sudah sesuai dengan tata cara embuat caption, feed pada
akun bisnis mereka juga sanat menarik karena ditata dengan rapi. Setelah itu
masyarakat sasaran juga sudah memposting produk mereka serta mempromosikan
lewat story instagram dan facebook yang mereka miliki. Kegiatan berlangsung
dengan lancar dikarenakan tidak adanya kendala yang dirasakan oleh masyarakat
sasaran. Respon dari masyarakat sasaran sangat baik dan antusias. Sekian
kegiatan KMbD saya pada hari ini, terimakasih.