Pendampingan Usaha Online dan Cara Membuat Konten Promosi Hari Keempat,”Membuat Caption untuk Konten Promosi serta Mulai Memposting Produk pada Akun Binis yang Masyarakat Sasaran Gunakan”

Sabtu, 01 Agustus 2020 telah dilaksanakan pendampingan usaha online dan cara membuat konten promosi hari keempat yaitu membuat caption untuk konten promosi serta mulai memposting produk pada akun bisnis yang masyarakat sasaran gunakan. Kegiatan pendampingan dilaksanakan secara online via Group Whatsapp yang dimulai pada pukul 09.04 Wita dan berakhir pada pukul 20.41 Wita. Kegiatan pada hari ini berlangsung cukup lama dikarenakan salah satu dari masyrakat sasaran memiliki suatu kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan.

Adapun kegiatan pada hari ini yaitu membuat caption dan memposting produk pada akun bisnis. Dalam membuka kegiatan pada hari ini saya memberikan informasi mengenai cara membuat caption, waktu yang baik untuk memposting suatu produk di media sosial, serta baiknya jumlah foto yang di upload pada akun disetiap harinya. Tentu sebelum memposting foto kita harus membuat caption terlebih dahulu. Dimana caption sangat penting dalam kita mempromosikan produk, karena salah satu strategi dari pemasaran produk yaitu dapat membuat caption dan feed ada akun media sosial yang digunakan menarik, agar konsumen merasa tertarik untuk melihat produk-produk yang dijual. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam membuat caption yaitu

1.      Berbahasa yang tepat

2.      Awali kalimat dengan hal yag menarik

3.      Panjang pendek caption erlu diperhatikan

4.      Call To Action

5.      Membuat audiens tertarik dengan produk yang akan dijual

6.      Menggunakan hastag

Setelah menjelaskan mengenai cara membuat caption selanjutnya saya memberikan informasi mengenai waktu yang baik serta jumlah postingan yang baik di upload pada tiap harinya, hal tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan konsumen yang melihat postingangan kita dan tidak merasa bosan, ada baiknya jika kita memposting foto disaat jam-jam sedang santai dan bukan dijam kerja, karena jika kita memposting dijam-jam kerja, maka sedikit kemungkinan konsumen akan membuka media sosial dan melihat postingan kita. Selanjutnya memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk mencoba membuat caption yang menarik sesuai dengan tingkat kreatifitas mereka. Tujuan dari kegiatan ini yaitu masyarakat sasaran dapat membuat caption yang menarik agar dapat menarik konsumenn untuk melihat poduk yang telah dipromosikan serta masyarakat sasaran dapat membuat feed instagram maupun facebook dengan rapi.

Hasil caption yang dibuat oleh masyarakat sasaran sangat bagus dan menarik serta sudah sesuai dengan tata cara embuat caption, feed pada akun bisnis mereka juga sanat menarik karena ditata dengan rapi. Setelah itu masyarakat sasaran juga sudah memposting produk mereka serta mempromosikan lewat story instagram dan facebook yang mereka miliki. Kegiatan berlangsung dengan lancar dikarenakan tidak adanya kendala yang dirasakan oleh masyarakat sasaran. Respon dari masyarakat sasaran sangat baik dan antusias. Sekian kegiatan KMbD saya pada hari ini, terimakasih.

Tentang Penulis