Pendekatan dengan peserta didik melalui bimbingan belajar
- Oleh Ni Made Ayu Suantiani
- Monday 13/07/2020
- Kelompok 76, Kelompok, Kelompok
Pada minggu ke-2 hari senin tanggal 13 juli 2020 saya melaksanakan jadwal selanjutnya yaitu pendekatan dengan peserta didik melalui bimbingan belajar. Dengan memanfaatkan video animasi bertema mengenal nama sayuran yang telah saya kirim melalui WAG sebelum memulai kegiatan secara video call secara pribadi (hal ini karena semua masyarakat sasaran memiliki kesibukan yang berbeda-beda), saya melakukan pendekatan dengan peserta didik, dengan cara:
1. mengucapkan salam.
2. meminta peserta didik memperkenalkan diri.
3. menanyakan tentang nama sayuran yang terdapat dalam video. hal ini dilakukan untuk mengetahui sudahkan peserta didik menyimak video animasi dengan baik.
4. menanyakan sayuran kesukaan peserta didik (agar suasana tidak tegang).
5. menjelaskan pentingnya mengkonsumsi sayuran bagi kesehatan tubuh.
video animasi link : https://youtu.be/l-uDliAbrlg
video bukti pelaksanaan : https://youtu.be/KWEqKKBys_E
Namun ada beberapa kendala yang saya temukan saat kegiatan berjaan:
1. kendala waktu
2. kendala signal / koneksi / jaringan
3. sulitnya melakukan penyesuaian kepada peserta didik yang masih malu-malu, hal ini disebabkan oleh pembelajaran daring yang tidak dilakukan secara langsung.
4. kurang efektif / kurang cocoknya metode pembelajaran daring dengan siswa sekolah dasar.
Pada kegiatan kali ini masyarakat sasaran yang dapat mengikuti kegiatan hanya 4 orang saja . karena salah satu masyarakat sasaran tidak dapat mengikuti kegiatan karena ada suatu hal yang mendesak secara tiba-tiba.