Penerapan Strategi Pemasaran Digital melalui Promosi di Sosial Media (Pengenalan Aplikasi CANVA) – KKNbD Desa Banyuasri 2021

Promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk supaya nantinya bisa diterima oleh pelanggan. Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran haruslah memiliki dua sifat yaitu komunikatif (memberi informasi dan dapat menarik perhatian konsumen) dan  insentif (dapat mempengaruhi pelanggan dengan nilai). Media sosial telah menjadi strategi promosi yang perlu dimiliki oleh pelaku bisnis karena saat ini pengaruhnya sangat besar terhadap keberhasilan pasar. Penggunaan media sosial sebagai media promosi dan penjualan dapat menyampaikan pesan atau produk ke konsumen dengan lebih cepat, mudah, dan efisien.

Pelaksanaan KKNbD minggu ke-4 dilakukan dengan melaksanakan praktek mengenai Cara Pemasaran Online melalui Sosial Media dengan menggunakan media Pamplet. Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat sasaran dapat menerapkan strategi promosi yang efisien dalam bisnisnya melalui pamplet yang menarik dan informatif. Aplikasi Canva menjadi pilihan untuk praktek pembuatan pamplet promosi karena fitur-fitur yang dimiliki dapat memudahkan penggunanya saat men-design terutama bagi pemula. Aplikasi Canva sudah dilengkapi dengan kategori-kategori yang tersedia sesuai dengan ukuran dan fungsinya dengan berbagai macam template menarik. Melalui video tutorial  tersebut diharapkan masyarakat sasaran dapat memahami dan mempraktekkan tahap demi tahap dengan mudah.

Kegiatan minggu ke-4 dilaksanakan pada tanggal 30 Juli – 1 Agustus 2021 dengan tahapan sebagai berikut :

  • [30 Juli 2021] Pemberian informasi terkait kegiatan selanjutnya kepada masyarakat sasaran. Bersama dengan hal itu, dikirimkan video tutorial terkait cara membuat pamplet menggunakan aplikasi Canva sampai dengan memposting di media sosial sebagai tahap promosi.

        Berikut video tutorial yang diberikan :



  • [31 Juli – 1 Agustus 2021] Memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk mempraktekkan pembuatan pamplet dan promosi di media sosial. Setelah itu, mereka diminta untuk mendokumentasikan kegiatan melalui tangkapan layar dan dikirim ke grup whatsapp. Seluruh mesyarakat sasaran sudah memahami langkah – langkah yang diberikan daam video tutorial karena pamplet yang telah dibuat sudah menarik dan informatif.

        Adapun pamplet promosi yang dibuat telah dirangkup dalam file berikut : 

        Dokumentasi Pamplet Promosi Masyarakat Sasaran


Melalui kegiatan ini diharapkan para masyarakat sasaran sebagai pelaku bisnis konvensional dapat terbantu dalam promosi bisnis secara online.

 

Demikian dari blog kali ini, terimakasih.




Tentang Penulis