Pengajaran Bahasa Inggris Pertemuan ke-3 (luring)

14/07/2021


           Hari Rabu di minggu kedua pelaksanaan kkn 2021 diisi dengan kegiatan mengajar materi Bahasa Inggris atau pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa SD (masyarakat sasaran). Pada kegiatan pembelajaran pertemuan ini terlihat lebih baik dan efektif dibandingkan dengan kegiatan belajar minggu lalu secara daring. Dengan mengajar secara langsung (luring) membuat kegiatan belajar berjalan dengan lebih efektif. Hal ini sebenarnya diakibatkan oleh karena masyarakat sasaran datang langsung untuk mengikuti kegiatan belajar. Disamping itu, dengan kegiatan belajar langsung ini juga lebih memudahkan siswa memahami informasi atau materi yang dipelajari. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam belajar Bahasa Inggris selain memahamai materi juga harus tahu bagaimana pengucapan tiap katanya. Melalui pembelajaran secara langsung ini tentu lebih mudah untuk memperagakan serta mengarahkan cara pengucapan yang benar kepada siswa. 

         Sebagai awal pembelajaran bagi mereka, memahami materi Bahasa Inggris yang dipelajari mungkin memang agak Susah. Penulis mengupayakan cara mengajar yang mudah dipahami oleh siswa sehingga mereka bisa meninkmati jalannya kegiatan belajar. Dalam hal ini tentu harus banyak bersabar untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi yang sedang dipelajari. Meskipun belajar Bahasa Inggris terkesan sulit bagi mereka, tetapi semangat dan partisipasi mereka dalam kegiatan belajar secara luring ini patut untuk diapresiasi. Berbeda dengan pembelajaran daring yang telah dialakukan sebelumnya yang mana terjadi banyak kendala dan minim respond, namun ketika belajar secara langsung semua berbanding terbalik. Mereka lebih paham dengan apa yang diajarkan, dan sangat responsif dalam kegiatan beajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sejauh ini kegiatan belajar secara langsung memang lebih efektif bagi siswa jenjang Sekolah Dasar (SD). 


Tentang Penulis