PENGENALAN AWAL PROGRAM PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS KUIS (QUIZIZZ DAN KAHOOT

Kegiatan awal yang dilakukan adalah pembuatan grup whatsapp dengan memberitahukan terlebih dahulu kepada masyarakat sasaran yang dalam hal ini adalah guru-guru di SD N 2 Abang yang bertempat di Banjar Dinas Waliang, Desa Abang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, tentang program kegiatan yang dilakukan. Diberikan jadwal kegiatan dan penjelasan awal program pelatihan Quizizz dan Kahoot kepada guru-guru. Pengenalan awal Aplikasi Pembelajaran Berbasis Kuis (Quizizz & Kahoot) yaitu sebagai berikut.

Aplikasi Pembelajaran Berbasis Kuis (Quizizz & Kahoot) adalah aplikasi yang hampir mirip yaitu aplikasi pembelajaran kuis interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran didalam kelas. Penggunaannya sangat mudah yaitu dengan membuat soal dan jawabannya berupa pilihan ganda dan dapat menambahkan gambar ke latar belakang dan menyesuaikan dengan keinginan sehingga siswa belajar dapat lebih tertarik. Untuk hasil nya nanti setelah siswa selesai memilih jawabannya, hasilnya akan langsung bisa didapatkan yang akan memudahkan dalam menilai secara objekif.

Berikut pengenalan yang lebih spesifik tentang kedua aplikasi pembelajaran ini. Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Anda dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengetahuan pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis sudah jadi, anda dapat membagikannya kepada siswa dengan menggunakan 5 digit yang dihasilkan.

Sedangkan Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis game. Dalam aplikasi ini pengguna bisa membuat dan menjawab berbagai kuis pilihan ganda, bahkan tidak hanya melalui aplikasi pemain bisa memainkannya melalui browser dengan memasukan pin dari sang pembuat kuis trivia tersebut. Kahoot sendiri diciptakan untuk membuat media belajar yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi, sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siapapun yang ingin belajar taupun mengajar menggunakan metode yang lebih kekinian. Dalam fitur yang disediakan oleh Kahoot memungkinkan jajaran didunia pendidikan termasuk sekolah membuat kuis trivia, bahkan kuis tersebut bisa digunakan untuk pre-test sebelum memulai ajaran yang baru. Sehingga siswa akan lebih interaktif menerima dan menjalankan kuis yang diberikan agar tidak monoton dan membuat siswa lebih fokus terhadap pembelajaran.

Sebelum membuat kuis menggunakan Quizizz maupun Kahoot, pengguna diharuskan untuk membuat akun. Bisa download Quizizz maupun Kahoot di Play Store (Android) ataupun App Store (iOS), atau bisa membuat akun melalui website Quizizz maupun Kahoot. Di blog selanjutnya saya akan share cara atau tutorial mengenai penggunaan aplikasi Quizizz dan Kahoot yang mudah digunakan khususnya untuk para guru. Semoga bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Tentang Penulis