Penutupan program kerja dari kegiatan KMbD Undiksha tahun 2020 dengan evaluasi kegiatan melalui google formulir.

Om Swastiastu

  Pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 saya melaksanakan kegiatan evaluasi kegiatan KMbD yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan. Tahap evaluasi ini saya bagi menjadi dua. Untuk tahap pertama saya memberikan link google formulir kepada masyarakat sasaran, dimana pada tahap ini masyarakat sasaran dimohonkan kesediannya untuk menjawab soal-soal yang telah saya buat. Soal-soal tersebut berisikan pertanyaan seputar materi yang telah diberikan selama 1 bulan ini. Soal- soal tersebut terdiri dari 20 soal. Tujuan diadakannya test ini yaitu untuk mengetahui pemahaman masyarakat sasaran terkait materi yang telah disampaikan. Alhasil nilai rata-rata yang didapat setelah yaitu 82 dari 100. Ini dikarenakan ada 11 soal yang dijawab keliru oleh masyarakat sasaran. Sehingga saya memberikan penjelasan kembali terkait soal yang dijawab keliru tersebut. Untuk penjelasannya akan saya tampilkan di bawah dengan link google drive.

  Selanjutnya evaluasi tahap kedua. Pada tahap ini saya memberikan kuesioner kepada masyarakat sasaran dan tidak lupa juga di dalam kuesioner juga saya cantumkan pesan dan kesan yang wajib diisi oleh masyarakat sasaran. Dari hasil evaluasi kegiatan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat sasaran, masyarakat sasaran juga sudah menerapkan protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh, semua anggota keluarga juga sudah menerapkan protokol kesehatan dan sudah paham apa yang harus dilakukan selama new normal. Namun nampaknya menjaga jarak dan menghindari kerumunan masih tabu untuk dilakukan dilihat dari hasil evaluasi 1 dari 5 masyarakat sasaran belum menjaga jarak dan menghindari kerumunan. 

   Kemudian untuk kesan masyarakat sasaran selama mengikuti kegiatan KMbD ini yaitu tanggapannya bermacam-macam. Seperti  masyarakat sasaran sangat senang telah mengikuti kegiatan KMbD, karena mendapatkan banyak ilmu dan mengetahui banyak informasi mengenai covid-19, dan sebagainya. Selanjutnya untuk pesan yang disampaikan oleh masyarakat sasaran yaitu memberikan materi dengan animasi yang menggunakan notasi suara yg sedang agar mudah dipahami dengan cepat, memberikan sesuatu yang berguna bagi semua orang dan mudah untuk di pahami, dan sebagainya. 

 Berikut saya lampirkan file evaluasi, foto penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat sasaran dimana dalam foto ini kurang satu masyarakat sasaran dikarenakan hpnya sedang diperbaiki, dan juga file penjelasan soal yang keliru. 

1. File evaluasi tahap pertama:

https://drive.google.com/folderview?id=1RnZVOVqdD9Eh-ELic9jNMa932EGY1A-k

2. File evaluasi tahap kedua:

https://drive.google.com/folderview?id=1qZyftcOtTGQUtreH9Hshryzt5leDFiXN

3. File foto masyarakat sasaran:

https://drive.google.com/folderview?id=12iv9AcShxQQ940241dOlnIjNGSfsm1k-

4. File foto penjelasan pertanyaan yang dijawab keliru:

https://drive.google.com/folderview?id=14n_3RMrCt9v9X8evdVixzCEwUA0kaBWp

 

 Saya mengucapkan terimakasih banyak untuk semua orang yang berpartisipasi dalam menyukseskan program kerja saya ini. Sehingga bisa selesai dan program kerja telah terlaksana. Sekian dari saya. Saya akhiri dengan parama santi. 

 Om Santih, Santih, Santih Om