Penyebaran Kuisioner sebagai Alat Evaluasi Keberhasilan Program Kerja
- Oleh Sri Radharani
- Sunday 01/08/2021
- Kelompok 184, Kelompok, Kelompok
Sembari melaksanakan pelatihan bahasa Inggris baik secara daring maupun
luring, penulis juga melakukan pemantauan akan progress dan partisipasi
masyarakat sasaran dalam mengikuti pelatihan. Meskipun hasilnya dirasa cukup
memuaskan dari segi partisipasi siswa, tetapi penulis merasa perlu adanya suatu
alat ukur untuk melakukan evaluasi yang bersifat objektif.
Penulis memutuskan untuk membuat dan menyebarkan kuisioner mengenai manfaat
pelaksanaan program pelatihan bahasa Inggris bagi masyarakat sasaran (siswa)
pada tanggal 30 Juli 2021 melalui Whatsapp Group. Kuisioner dibuat dalam bentuk
formulir online untuk memudahkan siswa memilih salah satu jawaban yang dirasa
sesuai dengan manfaat yang mereka rasakan. Hasil dari kuisioner ini sendiri
nantinya akan digunakan oleh penulis sebagai alat evaluasi terhadap keberhasilan
atau kesesuain program kerja yang telah dibuat dengan kegiatan yang telah
dilaksanakan.
Dari hasil penyebaran kuisioner
tersebut, diketahui bahwa setelah mengikuti pelatihan, siswa mendapat banyak
manfaat yang sebelumnya belum pernah mereka dapatkan di sekolah formal.
Misalnya saja, mereka mampu mengingat materi pelajaran untuk jangka waktu yang
lebih panjang, mendapatkan manfaat yang lebih baik dalam penggunaan media
sosial, mengetahui perbedaan budaya barat dengan budaya Indonesia secara umum, mampu
membuat status untuk laman media sosial mereka menggunakan bahasa Inggris, mampu
memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, dan yang terpenting siswa mulai
tertarik dengan bahasa Inggris dimana mereka mulai percaya diri karena berhasil
menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Penulis berharap, dengan berawal dari
ketertarikan ini siswa kemudian dapat berangkat untuk menyelami bahasa Inggris
lebih dalam lagi, mengingat pentingnya eksistensi bahasa Inggris di era
globalisasi sebagai penghela ilmu pengetahuan untuk menghadapi persaingan
global yang semakin kompetitif kedepannya.