Penyuluhan Materi Edukasi Pertama Mengenai “Peluang Ide Bisnis dan Strategi Digital Marketing” serta Diskusi Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng
- Oleh Devy Arista Ciptamiari
- Monday 19/07/2021
- Kelompok 110, Kelompok, Kelompok
Senin, 12 Juli 2021
Telah terlaksana penyuluhan materi edukasi pertama mengenai Peluang Ide Bisnis dan Strategi Digital Marketing dan sesi diskusi kepada masyarakat sasaran di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng.
Kegiatan tersebut diawali dengan kesepakatan waktu pemberian materi pukul 16.52 WITA melalui WhatsApp group dan kesepakatan tersebut menghasilkan jika waktu penyuluhan materi edukasi pertama dilaksanakan pada pukul 20.00 WITA. Pemberian materi tersebut ditujukan kepada enam masyakarat sasaran di Desa Kalibukbuk diantaranya Pak Putu Artawan, Bu Yani Safitri, Kadek Erma Aristika, Putu Agus, Pak Komang Jana, dan Kadek Dwi. Materi edukasi ini diberikan karena sesuai dengan permasalahan dominan yang dihadapi masyarakat sasaran diantaranya kurangnya peluang ide bisnis dan juga kurangnya pemahaman serta pemanfaatan digital marketing. Penyuluhan materi edukasi mengenai Peluang Ide Bisnis dan Strategi Digital Marketing dikirim dalam bentuk video yang berdurasi 4 menit 33 detik. Video tersebut memberikan edukasi tentang delapan peluang ide bisnis di masa pandemi, diantaranya:
- Dropshipper merupakan agen atau penjual yang menjual kembali produk dari supplier, distributor, atau pemilik toko online tetapi tidak memiliki produk sendiri untuk dijual melainkan menjual produk atau barang orng lain dengan persetujuan pemilik barang tersebut. Menjadi dropsipper tidak perlu modal yang banyak hanya dengan modal kuota internet untuk menawarkan barang sesuai dengan infromasi dari supplier atau pemilik toko online tersebut.
- Bisnis kuliner disini kalian bisa mengembangkan keahlian dalam bidang memasak yang dimiliki karena tidak semua orang mampu dan mau memasak, sehingga permintaan untuk produk makanan cenderung mengalami peningkat. Pemasara produk bisa dilakukan secara online dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, bahkan whatsApp
- Bisnis produk kesehatan sekarang ini permintaan pasar terhadap produk kesehatan semakin meningkat kita bisa menjadikan peluang untuk membuka bisnis prduk kesehatan seperti masker, disinfektan, hand sanitizer, face shield, vitamin, dan yang lainnya yang berpotensi mengutungkan.
- Bisnis kebutan pokok, bisnis ini dianggap sebagai salah satu sektor bisnis yang tahan terhdap krisis karena masyarakat membutuhkan pasokan bahan pokok termasuk makan dan minum dalam kondisi apapun. Modal yang relative kecil, tenaga kerja yang tidak terlalu banyak, namun margin laba berpotensi besar dan perputaran arus kas cepat, bisnis ini bisa juga diinovasikan dengan online shop atau online delivery
- Bisnis budidaya tanaman hias, nah kalian juga dapat mengembangkan bisnis ini jika mempunyai hobi dalam bidang tanaman hias dikarenakan orang orang mulai hobi membudidayakan tanaman hias dan bisnis ini mulai meningkat semenjak pandemi
- Bisnis jasa delivery service, bisnis ini dinilai mampu bertahan di kondisi krisis karena meningkatnya permintaaan layanan antar untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barag konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah
- Content creator, bukan hanya di youtobe kalian juga bisa menjadi konten kreator di facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Unggah ide yang semenarik mungkin dan semakin banyak follower kalian semakin cepat juga akan menjadi konten kreator. Upload secara rutin untuk mendapatkan banyak like dan viewer agar menarik iklan atau endorsan
- Feelance adalah seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat oleh jam kerja, biasanya memiliki keahlian tertentu misalnya freelance sebagai penulis, pembuatan desain, dan sebagainya.
Materi edukasi ini juga menjelaskan mengenai pengertian dari digital marketing menurut sasadigital.com merupakan aktivitas promosi baik itu sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik digital serta beberapa kelebihan diantaranya lebih murah dan cepat, UKM bisa hemat anggaran promosi hingga 40%, menargetkan calon konsumen secara lebih spesifik, serta lebih efektif dan juga interaktif.
Adapun strategi dalam digital marketing yang telah dijelaskan dalam video edukasi tersebut diantaranya:
1. Search Engine Optimazation (SEO) merupakan cara optimalisasi website agar bagus di hasil pencarian google
2. Content marketing harus dibuat penting dan juga revelan dengan kebutuhan konsumen
3. Sosial media marketing merupakan promosi yang dilakukan lewat media sosial dan bisa luwes berinteraksi dengan konsumen
4. Google bisnisku, memudahkan konsumen mendapatkan info lengkap tentang bisnis kita
5. Afilliate marketing, mengajak orang lain untuk mengiklankan produk yang dijual
6. Pay per click (PPC) membayar biaya iklan yang diklik oleh audiens.
Setelah dilakukan proses penyuluhan materi dalam bentuk video yang dikirim melalui WhatsApp group masyarakat sasaran Desa Kalibubuk dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dimulai dari hari Senin, 12 Juli 2021 pukul 20.10 WITA sampai dengan hari Minggu, 18 Juli 2021 pukul 15.54 WITA. Diskusi tersebut diantaranya:
- Perbedaan anatara dropshipper dan reseller
- Tips untuk promosi bisnis kuliner melalui media sosial
- Cara mendaftar google
- Bantuan promosi melalui media sosial untuk bisnis pemula yang sedang dijalani salah satu masyarakat sasaran atas nama Erma Aristika
Selama proses diskusi berlangsung sudah berjalan dengan kondusif, meskipun hanya melalui via WhatsApp group chat saja. Antusias masyarakat sasaran dalam merespon dan berdiskusi sangat baik serta hasil diskusi dari pertanyaan yang telah diajukan sudah mendapatkan respon yang baik sehingga pemahaman masyarakat ;sasaran mengenai materi edukasi pertama berjalan dengan lancar. Semoga materi edukasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat sasaran di Desa Kalibukbuk.
Berikut link video materi edukasi pertama tentang Peluang Ide Bisnis dan Strategi Digital Marketing