Penyusunan Materi Edukasi Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa di Tengah Pandemik COVID-19 melalui 14 Days Challenge

Hari, tanggal: Senin, 28 Juni 2021 - Senin, 5 Juli 2021

Lokasi: Kabupaten Gianyar

Output: Materi edukasi, video penjelasan materi, poster 14 Days Challenge

 

    Pada proyek yang akan saya jalankan dalam kegiatan KKNbD Tahun 2021, pertama tama saya akan membekali masyarakat sasaran dengan edukasi mengenai COVID-19, kesehatan mental, dan bagaimana cara menjaga kesehatan mental di tengah pandemik COVID-19. Materi ini saya susun dalam bentuk powerpoint yang menarik untuk dibaca. Sumber sumber yang saya gunakan untuk menyusun materi ini adalah jurnal-jurnal penelitian serta website-website resmi organisasi kesehatan. Penyusunan materi ini berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 5 Juli 2021 di kediaman saya di Gianyar. Untuk memaksimalkan tampilan powerpoint saya menggunakan Canva Design. Tujuan penyusunan materi dan penyajian materi dalam bentuk powerpoint ini adalah agar masyarakat sasaran tertarik dan mudah mengingat materi edukasi yang diberikan secara terstruktur. Powerpoint ini kemudian saya konversikan ke dalam bentuk PDF.

 

    Selanjutnya saya menyertakan sebuah video yang berisi penjelasan materi edukasi kepada masyarakat sasaran. Video ini saya buat dengan cara merekam suara saya beserta tampilan materi powerpoint. Tujuannya adalah agar masyarakat sasaran semakin mengerti dengan materi yang diberikan. Video kemudian saya upload ke channel Youtube saya dan kemudian tautan video tersebut yang akan saya berikan ke masyarakat sasaran. Saya memilih metode ini ketimbang memberikan materi melalui media teleconfrence adalah agar kiranya nanti jika masyarakat ingin berbagi pengetahuan ini kepada orang lain dan ingin mendengar kembali penjelasan saya mengenai materi edukasi, masyarakat dapat tinggal mengakses tautan video tersebut.

 

    Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan melalui 14 Days Challenge. Pada penyusunan materi ini, saya menyisipkan juga penjelasan mengenai apa itu 14 Days Challenge dan bagaimana melaksanakan kegiatan ini dengan baik pada powerpoint materi. Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan ini saya juga memberikan poster menarik mengenai 14 Days Challenge yang saya rancang dengan Canva Design. Poster ini saya sebarkan dalam bentuk PNG agar masyarakat dapat dengan mudah membuka atau mengedit poster untuk menandai kegiatan apa saja yang sudah dilakukan.

 

Berikut ini saya sertakan link materi, video dan gambar poster 14 Days Challenge.

  • Link Gdrive Materi Edukasi:

https://drive.google.com/file/d/1D4czo1nmVGB04riOaE4Yh5FzhkbsMGpn/view?usp=sharing

 

  • Link Video Pemaparan Materi

https://youtu.be/ED0SxGm4CT0



Tentang Penulis
Ni Made Renita Jeniswari