Pertemuan Ketujuh dan Delapan : Penyampaian Materi Pemasaran Produk Olahan dan Evaluasi Kegiatan

Pada Minggu keempat pelaksanaan program KKNbD, pertemuan dilaksanakan sebanyak 2 kali tepatnya pada hari Selasa dan hari Jumat. Adapun rincian dari pelaksanaan program pengolahan jagung pada minggu keempat ini adalah sebagai berikut :

 

- Selasa, 26 Juli 2021, pertemuan ketujuh dengan masyarakat sasaran diisi dengan laporan perkembangan pengolahan jagung menjadi mi. Kegiatan ini dilaksanakan secara dari melalui grup WhatsApp yang sudah dibuat sebelumnya. Pada pertemuan ini, masyarakat memberikan laporan terkait perkembangan pengolahan jagung menjadi mi yang sudah dilaksanakan. Dari laporan tersebut, dapat diketahui bahwa seluruh masyarakat sasaran yaitu 6 orang istri petani jagung di Desa Gunaksa sudah dapat mengolah jagung menjadi mi. Tekstur dan juga rasa dari mi yang dihasilkan juga sudah terbilang baik walaupun menggunakan alat yang sederhana. 

 

- Jumat, 30 Juli 2021, pertemuan terakhir dengan masyarakat sasaran dilakukan dengan penyampaian materi terkait pemasaran produk dan evaluasi kegiatan. Materi terkait pemasaran produk saya kirimkan dalam bentuk video yang menjelaskan terkait strategi pemasaran dan analisis konsumen. Dalam materi juga saya berikan saran dan rekomendasi tempat untuk menjual produk hasil olahan di sekitar Desa Gunaksa. Hal ini bertujuan agar nantinya, masyarakat sasaran dapat memasarkan produk yang mereka hasilkan untuk meningkatkan perekonomian mereka. Kemudian pertemuan saya lanjutkan dengan evaluasi program KKNbD yang sudah terlaksana selama sebulan ini. Masyarakat sasaran mengisi evaluasi secara online, melalui google form yang sudah saya sediakan. Dari hasil evaluasi, diketahui bahwa dari total 6 orang masyarakat sasaran 4 diantaranya memilih bahwa program pengolahan jagung dapat dilaksanakan dengan sangat mudah dan 2 sisanya memilih opsi cukup mudah. Selain itu, masyarakat sasaran juga memberikan saran terkait produk olahan lain yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar jagung. Diakhir kegiatan, tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sasaran atas partisipasi dan respon baik yang telah diberikan selama pelaksanaan progam pengolahan jagung. Semoga nantinya melalui program KKNbD ini, masyarakat sasaran dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian petani jagung di Desa Gunaksa.