Praktek dan Evaluasi Pembelajaran (minggu ke-4)
- Oleh Putu Zelda Aldani
- Sunday 01/08/2021
- Kelompok 257, Kelompok, Kelompok
Tanggal 29 & 30 Juli 2021
Pada minggu ke-4 bulan Juli ini diisi dengan kegiatan praktek dari materi yang telah dipelajari oleh siswa (masyarakat sasaran) dan evaluasi pembelajaran. Pada kegiatan praktek, siswa memperagakan dua gal, yaitu memperkenalkan diri dan membuat dialog sangat sederhana terkait hari, tanggal, dan identitas. Dalam hal ini, masing-masing siswa memperagakan introducing self terlebih dahulu. Pada praktek introducing self, sebagian besar siswa memang sudah bisa melakukannya dengan baik. Alan tetapi, beberapa siswa masih terlihat kesulitan untuk memperagakannya. Meskipun begitu, penulis tetap mengarahkan siswa cara memperkenalkan diri baik hal-hal yang harus disebutkan ketika memerkenalkan diri maupun prngucapannya. Setelah memperkenalkan diri, siswa membentuk kelompok untuk membuat dialog sangat sederhana. Pada praktek dialog ini ada 3 kelompok yang terdiri dari 2-3 orang. Masing-masing kelompok mendapatkan topik yang berbeda. Diaolog dibuat dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana sesuai prmahaman siswa agar tidak membebani siswa dalam membuat dialog. Kemudian, dilanjutkan dengan praktek dialog yang sudah dibuat. Berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap percakapan yang diperagakan siswa bisa disimpulkan bahwa dari segi dialog yang dibuat, mereka sudah cukup mampu membuat dialog sangat sederhana dengan bahasa yang mudah dipahamai. Namun, dari segi pengucapan atau pronunciation, siswa masih terlihat kaku dan belum terlalu lancar mengucapkan tiap kata dengan pronunciation yang tepat. Siswa masih perlu banyak berlatih mengingat belajar Bahasa Asing tidak bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang lebih 1 bulan.
Setelah kegiatan praktek, dilanjutkan dengan evaluasi pembelajaran yang berupa post test, diskusi langsung dengan siswa (masyarakat sasaran), serta kuisioner melalui google form terkait manfaat yang diperoleh dari mengikuti program yang dilaksanakan. Secara keseluruhan, respon yang didapat baik darikuisioner yang diisi oleh siswa maupun diskusi secara langsung terkait kendala dan manfaat yang mereka peroleh selama kegiatan berlangsung. Dari 7 orang siswa (msyarakat sasaran) yang mengikuti program ini, memang ada 1 orang siswa yang cukup lambt mengikuti kegiatan belajar atau memahami materi yang disamaikan dikarenakan memang siswa tersebut masih kurang lancar dalam membaca sehingga pembelajaran Bahasa Inggris agak terhambat. Meskipun begitu, siswa tersebut tetap semangat mengikuti kegiatan belajar dan inienjadi nilai plus untuk siswa tersebut. Kemudian, dari hasil tes yang dilakukan, 5 siswa mendapat hasil yang baik sedangkan 2 siswa masih perlu banyak belajar dikarenakan hasilnya kurang baik. Kurang maksimalnya 2 orang siswa ini memang dikarenakan kemampuan mereka membaca yang masih kurang lancar. Namun, 1 dari 2 orang siswa ini memiliki kemampuan menyerap informasi yang baik sehingga keterhambatannya dalam membaca terbantu oleh kemampuannya menyerap informasi dengan baik. Yang terakhir, dari diskusi serta kuisioner dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi siswa (masyarakat sasaran). Adapun manfaat yang mereka peroleh adalah kemampuan berbahasa Inggris mereka mulai meningkat, mereka mulai memahami Bahasa Inggris sedikit lebih baik dari sebelumnya dan sebagainya. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian apresiasi atas keikut sertaan masyarakat sasaran dalam program "Pengajar Bahasa Inggris until Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi" yang berlangsung kurang lebih selama 4 minggu. Tidak banyak, tetapi dengan pemberian apresiasi ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk terus belajar, khususnya untuk mapel Bahasa Inggris.
Kegiatan praktek dapat dilihat pass link berikut.
https://drive.google.com/folderview?id=1nhIDrV6u_q4UxxISplrRWwTuTS9fervZ
https://drive.google.com/folderview?id=1pC4toOBG0Q5Tumn18jx8og4zqxw-LWZF