Projek Aplikasi Maple 13 - Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat

Denpasar, 22 Juli 2020

    Hasil cacatan yang telah dikumpul memudahkan penulis dalam mengevaluasi sejauh mana perkembangan siswa dalam mengkonstruksi pemahaman mereka terhadap materi menggambar grafik fungsi kuadrat. Selain itu, dari apa yang mereka catat penulis lebih mengetahui apa saja yang menjadi perhatian bagi siswa, perhatian yang dimaksud adalah poin yang penting dalam hal menggambar grafik fungsi kuadrat. Untuk membuktikannya, penulis melakukan sedikit tes, isi dari tes tersebut diambil dari catatan siswa. Hasil tes memiliki nilai rata-rata 80/100, ini menandakan para siswa sudah mengenal dan memahami catatan mereka sendiri.

    Berdasarkan program kerja, penulis selanjutnya memperkenalkan sebuah projek yang dijalankan melalui aplikasi Maple-13 kepada siswa. Langkah-langkah menggambar grafik fungsi kuadrat yang sudah mereka pelajari kemudian dituangkan melalui projek ini. Projek tersebut dibuat untuk memfasilitasi siswa dalam menggambar grafik fungsi kuadrat.

    Projek aplikasi maple 13 menggambar grafik fungsi kuadrat memuat enam langkah. Pengguna cukup memasukan konstruksi fungsi kuadrat, koefisien pada variabel, dan konstanta pada langkah pertama. Selanjutnya klik button mulai maka akan muncul hasil-hasil pada langkah kedua sampai keenam. Deskripsi langkah-langkah dalam projek adalah sebagai berikut:

  • Langkah I: Terdapat bentuk umum fungsi kuadrat, pengguna diarahkan untuk memasukan fungsi kuadrat, koefisien, dan konstanta. Setelah itu klik button mulai. Setelah itu, di bawah tombol button akan muncul keterangan karakteristik grafik berdasarkan nilai a pada bentuk umum.
  • Langkah II: Akan muncul nilai x1 dan x2 yang merupakan titik potong terhadap sumbu x beserta titik koordinatnya, kemudian nilai y yang merupakan titik potong terhadap sumbu y beserta titik koordinatnya.
  • Langkah III: Akan muncul nilai diskriminan dan karakteristik grafik berdasarkan nilai diskriminan yang didapat, kemudian nilai dari sumbu simetri dimana sumbu simetri ini adalah garis vertikal pada grafik yang membagi grafik menjadi dua gambar pencerminan yang simetris.
  • Langkah IV: Akan muncul nilai maksimum atau nilai minimum pada grafik. Nilai maksimum jika grafiknya terbuka ke bawah dan nilai minimum jika grafiknya terbuka ke atas.
  • Langkah V: Akan muncul koordinat titik puncak dimana titik yang diperoleh didapat dari sumbu simetri dan nilai maksimum/minimum.
  • Langkah VI: Akan muncul grafik fungsi kuadrat, grafik yang didapat diberi opsi warna agar lebih menarik. pilihan warna terdiri atas; black, green, yellow, magenta, cyan, red.

    Untuk mengetahui penggunaan projek lebih lanjut, tidak lupa penulis memberikan video panduan pengguna, dengan video ini diharapkan dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan. Sekian yang dapat penulis bagikan dalam blog ini, jika ada kesalahan kata atau kalimat penulis mohon maaf. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi pembaca.