SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19

Selasa, 7 Juli 2020 merupakan hari kedua dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata Mandiri berbasis Daring (KMbD) Universitas Pendidikan Ganesha. Kegiatan hari kedua ini saya isi dengan memberikan sosialisasi tentang media pembelajaran yang interaktif di masa pandemi Covid-19 kepada guru-guru SMAN 1 Selemadeg secara online melalui WhatsApp Grup yang telah dibuat sebelumnya. Dalam penyampaian materi tersebut, saya menjelaskan pengertian dari media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, tips-tips membuat media dan tips-tips mengajar saat pandemi Covid-19.

Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 11.00 WITA dan berlangsung fleksibel karena jika waktunya dibatasi saya rasa akan mengganggu kegiatan masyarakat sasaran saya. Oleh karena itu waktunya tidak dibatasi dan kegiatan berlangsung sampai pukul 19.00 WITA. Selama rentang waktu tersebut, guru-guru menunjukan partisipasinya dengan bertanya, salah satunya mengenai tips mengajar ala Mas Menteri (Sebutan untuk Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim) dan mendiskusikan “nyontek antar guru” yang banyak mengundang lelucon para guru dan semakin menghidupkan suasana diskusi.

Untuk mengakhiri kegiatan hari ini, tak lupa saya sampaikan kegiatan pada minggu selanjutnya yang akan dilakukan yaitu sosialisasi tentang buku elektronik sebagai salah satu media pembelajaran yang interaktif di masa pandemi Covid-19 mulai dari pengertian, kelebihan, cara penggunaannya beserta cara membuatnya. Harapan saya semoga guru-guru yang menjadi sasaran saya dapat menikmati kegiatan KMbD ini dan dapat mengaplikasikannya saat mengajar nanti. Sekian dan terimakasih.