Sosialisasi Mengenai Cara Meningkatkan Kualitas dan Nilai Jual Produk

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan secara daring melalui grup WhatsApps. Berikut materi yang saya paparkan kepada masyarakat sasaran mengenai cara meningkatkan kualitas dan nilai jual produk.

1. Memperbagus kemasan

Jangan meremehkan tampilan produk. Salah satu faktor yang dapat mengangkat nilai jual sebuah produk adalah tampilannya. Tampilan itu meliputi kemasan dan cara pelabelan. Pengemasan yang baik itu seperti apa? Pengemasan yang baik adalah bagaimana cara supaya produk tersebut tersimpan dengan baik sehingga rasa, aroma dan wujudnya tidak cepat berubah. Tak hanya itu, pengemasan juga perlu dibuat secantik mungkin supaya konsumen tertarik dengan produk makanan anda.

2. Memperhatikan kulaitas bahan baku

Pilihlah bahan baku dengan kualitas terbaik. Bahan baku terbaik tidak harus berharga mahal. Namun dengan cara memilih dan memilah anda akan mendapatkan bahan baku dengan kualitas baik. Jangan sekali-kali mengelabui konsumen dengan menggunakan bahan baku yang tidak berkualitas. Karena kualitas bahan baku akan menentukan mutu dari produk yang dibuat.

3. Meningkatkan kualitas rasa pada produk makanan dan minuman

Rasa merupakan salah satu kunci utama suksesnya suatu produk makanan. Tidak ada konsumen yang membeli produk makanan yang mempunyai cita rasa biasa saja. Cita rasa yang istimewa dan tidak dapat ditemukan di produk lain dapat membuat konsumen mencari-cari produk anda. Rasa yang khas dan nikmat membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan.

Sebisa mungkin ciptakan resep anda sendiri. Resep produk makanan tidak hanya sebatas meracik bumbu supaya menghasilkan rasa yang sedap, namun juga kualitas bumbu yang dipilih. Salah satu cara yang umum digunakan untuk menciptakan resep istimewa adalah dengan melakukan eksperimen, Hal ini tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali, namun berkali-kali hingga mendapatkan cita rasa yang sempurna.

4. Mempercepat pelayanan

Salah satu cara untuk tampil beda dari pesaing Anda adalah menjamin pelanggan Anda untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat. Semua orang sudah tahu bahwa jika penjual memasang harga tinggi maka pengiriman cepat adalah salah satu komponen wajibnya. Hal ini tentunya berkaitan dengan pelayanan antar makanan atau delivery. Pelanggan akan puas apabila makanan atau minuman yang dipesan bisa tiba dengan cepat.

Berikut merupakan screenshot dari hasil diskusi melalui grup WhatsApp.

Tentang Penulis