Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-II

Pada minggu ketiga pelaksanaan KMbD, kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 22 Juli 2020, pada pukul 18.30 sampai 19.00 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring (online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang berpartisipasi hari ini yaitu Made Udiani (Pak Anugrah).

Pada sosialisasi strategi pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan tersebut. Pada kegiatan sosialisasi strategi pemasaran hari ke-2 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai pemasaran yang diterapkan sebelumnya di peternakan. Mitra mengatakan pemasaran yang dilakukan melalui pemasaran offline dimana Pak Anugrah menjual hasil ternak pada mitra peternakan dan pelanggan lainnya yang datang ke peternakan. Solusi dari diskusi tersebut yaitu, mitra dapat mencoba menggunakan  pemasaran online guna membantu memperluas pemasaran produk dengan beberapa tips yang sudah diberikan. Dari hasil diskusi tersebut, mitra sasaran menerima dengan baik materi dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran yang baik. 

Tentang Penulis
Ni Made Nendra Rosiana Ningrum