Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-II
- Oleh Ni Made Nendra Rosiana Ningrum
- Wednesday 22/07/2020
- Kelompok 282, Kelompok, Kelompok
Pada minggu ketiga pelaksanaan KMbD,
kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang
dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang
sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa
materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi
pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 22 Juli 2020, pada pukul
18.30 sampai 19.00 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring
(online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang
berpartisipasi hari ini yaitu Made Udiani (Pak Anugrah).
Pada sosialisasi strategi
pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan
hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan
dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline
dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan
tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk
hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah
satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan tersebut. Pada kegiatan sosialisasi strategi pemasaran
hari ke-2 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai pemasaran yang diterapkan
sebelumnya di peternakan. Mitra mengatakan pemasaran yang dilakukan melalui pemasaran
offline dimana Pak Anugrah menjual hasil ternak pada mitra peternakan dan
pelanggan lainnya yang datang ke peternakan. Solusi dari diskusi tersebut
yaitu, mitra dapat mencoba menggunakan pemasaran
online guna membantu memperluas pemasaran produk dengan beberapa tips yang sudah
diberikan. Dari hasil diskusi tersebut, mitra sasaran menerima dengan baik
materi dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan
dapat membantu mitra melakukan pemasaran yang baik.