Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-III

Pada minggu ketiga pelaksanaan KMbD, kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 23 Juli 2020, pada pukul 17.30 sampai 18.30 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring (online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang berpartisipasi hari ini yaitu Gede Nova. Pada sosialisasi strategi pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan tersebut. Pada kegiatan sosialisasi strategi pemasaran hari ke-3 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai perhitungan yang dapat diterapkan dalam menentukan harga produk dan kegiatan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Dari diskusi tersebut terdapat beberapa keliruan yang didapatkan dari penyampaian materi di PPT, yaitu pada maksud perhitungan BOP ini seharusnya perhitungan BEP. Pada diskusi hari ini, solusi yang diberikan yaitu mitra dapat menggunakan perhitungan BEP yang lebih sederhana yang mampu diterapkan oleh mitra. Mitra dapat menentukan harga jual dengan menghitung jumlah pengeluaran yang dikeluarkan dalam sekali pembuatan, lalu membagi dengan berapa unit produk yang didapat dalam sekali pembuatan. Adapun kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan minggu depan yaitu mempraktekkan strategi pemasaran yang sudah disosialisasikan hari ini. Dari hasil diskusi tersebut, mitra sasaran menerima dengan baik materi dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran yang baik.

Tentang Penulis
Ni Made Nendra Rosiana Ningrum