Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-IV

Minggu ketiga pelaksanaan KMbD, kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 24 Juli 2020, pada pukul 18.20 sampai 19.15 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring (online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang berpartisipasi hari ini yaitu Made Suama.

Pada sosialisasi strategi pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan tersebut.  Pada kegiatan sosialisasi strategi pemasaran hari ke-4 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai strategi pemasaran yang digunakan di peternakan mitra, serta media sosial yang akan digunakan dalam pemasaran online nantinya. Pada diskusi hari ini, solusi yang diberikan yaitu mitra menggunakan strategi pemasaran dengan memasarkan kepada masyarakat sekitar, dimana dalam hal ini pemasarannya menggunakan bantuan dari masyarakat yang membeli langsung ke peternakan dengan menyebarluaskan kembali ke masyarakat lainnya. Untuk pemasaran online, mitra belum pernah menerapkan bisnis online, dikarenakan media yang dimiliki mitra masih terbatas dimana mitra hanya memiliki satu media saja (Whatsapp). Dalam pemasaran online yang rencana akan dilakukan minggu ke-4 kegiatan KMbD, mitra bisa memilih media yang akan digunakan dalam membantu memasarkan produk olahannya. Untuk pembuatan media sosial lainnya (Facebook), akan dibantu dalam pembuatan dan penggunaannya nanti. Dari hasil diskusi tersebut, mitra sasaran menerima dengan baik materi dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran yang baik.

Tentang Penulis
Ni Made Nendra Rosiana Ningrum