Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-IV
- Oleh Ni Made Nendra Rosiana Ningrum
- Friday 24/07/2020
- Kelompok 282, Kelompok, Kelompok
Minggu ketiga pelaksanaan KMbD,
kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang
dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang
sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa
materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi
pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 24 Juli 2020, pada pukul
18.20 sampai 19.15 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring
(online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang
berpartisipasi hari ini yaitu Made Suama.
Pada sosialisasi strategi
pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan
hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan
dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline
dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan
tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk
hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah
satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan
tersebut. Pada kegiatan sosialisasi
strategi pemasaran hari ke-4 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai strategi
pemasaran yang digunakan di peternakan mitra, serta media sosial yang akan
digunakan dalam pemasaran online nantinya. Pada diskusi hari ini, solusi yang diberikan
yaitu mitra menggunakan strategi pemasaran dengan memasarkan kepada masyarakat
sekitar, dimana dalam hal ini pemasarannya menggunakan bantuan dari masyarakat yang membeli langsung ke peternakan dengan menyebarluaskan kembali ke masyarakat lainnya. Untuk pemasaran online,
mitra belum pernah menerapkan bisnis online, dikarenakan media yang dimiliki
mitra masih terbatas dimana mitra hanya memiliki satu media saja (Whatsapp). Dalam
pemasaran online yang rencana akan dilakukan minggu ke-4 kegiatan KMbD, mitra
bisa memilih media yang akan digunakan dalam membantu memasarkan produk
olahannya. Untuk pembuatan media sosial lainnya (Facebook), akan dibantu dalam
pembuatan dan penggunaannya nanti. Dari hasil diskusi tersebut, mitra sasaran
menerima dengan baik materi dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan
sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran yang baik.