Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-V
- Oleh Ni Made Nendra Rosiana Ningrum
- Saturday 25/07/2020
- Kelompok 282, Kelompok, Kelompok
Minggu ketiga pelaksanaan KMbD,
kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang
dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang
sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa
materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi
pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 25 Juli 2020, pada pukul
17.30 sampai 19.30 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring
(online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang
berpartisipasi hari ini yaitu Nyoman Ari Setianingsih.
Pada sosialisasi strategi
pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan
hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan
dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline
dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan
tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk
hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah
satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan
tersebut. Pada kegiatan sosialisasi
strategi pemasaran hari ke-5 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai strategi
pemasaran yang sudah digunakan di peternakan mitra. Pada diskusi ini mitra
mengatakan masih menggunakan media offline untuk menarik pelanggan dan mitra
mempunya beberpa media sosial yang belum dimanfaatkan untuk melakukan bisnis
online. Solusi yang diberikan pada mitra yaitu mitra diajak untuk memaksimalkan
penggunaan media sosial untuk melakukan pemasaran online. Dari hasil diskusi
tersebut, mitra sasaran menerima dengan baik materi dan beberapa masukan yang
diberikan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan
pemasaran yang baik.