Sosialisasi Strategi Pemasaran Hari Ke-V

Minggu ketiga pelaksanaan KMbD, kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para peternak dalam mempromosikan hasil pengelolaan yang sudah diterapkan pada minggu sebelumnya. Kajian materi yang diberikan berupa materi yang sudah dipersiapkan pada hari sebelumnya, mengenai strategi pemasaran. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada tanggal 25 Juli 2020, pada pukul 17.30 sampai 19.30 WITA. Dalam kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring (online) dengan bantuan media Whatsapp melalui chat pribadi mitra. Mitra yang berpartisipasi hari ini yaitu Nyoman Ari Setianingsih.

Pada sosialisasi strategi pemasaran ini, difokuskan pada bagaimana membantu peternak dalam memasarkan hasil olahan daging ayam yang sudah dibuat. Mitra dapat memasarkan hasil olahan dengan 2 cara yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline dapat dilakukan mitra dengan menawarkan para pelanggan yang datang dan tetangga, serta meminta bantuan pada mereka untuk bantu mempromosikan produk hasil olahan tersebut. Untuk pemasaran online, mitra dapat memanfaatkan salah satu atau beberapa media sosial dalam memasarkan produk hasil olahan tersebut. Pada kegiatan sosialisasi strategi pemasaran hari ke-5 ini, yang didiskusikan yaitu mengenai strategi pemasaran yang sudah digunakan di peternakan mitra. Pada diskusi ini mitra mengatakan masih menggunakan media offline untuk menarik pelanggan dan mitra mempunya beberpa media sosial yang belum dimanfaatkan untuk melakukan bisnis online. Solusi yang diberikan pada mitra yaitu mitra diajak untuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk melakukan pemasaran online. Dari hasil diskusi tersebut, mitra sasaran menerima dengan baik materi dan beberapa masukan yang diberikan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mitra melakukan pemasaran yang baik.

Tentang Penulis
Ni Made Nendra Rosiana Ningrum