TAHAP 1 Pengenalan KMbD Kepada Masyarakat Sasaran dan Penyampaian mengenai pengetahuan manfaat Pendidikan Tata boga untuk mengelola stress dimasa pandemi Covid-19

Pengenalan KMbD Kepada Masyarakat Sasaran dan Penyampaian mengenai pengetahuan manfaat Pendidikan Tata boga untuk mengelola stress dimasa pandemic covid-19.

 

Pada tahap awal tanggal 6 Juli 2020 penulis menyampaikan salam dan memberikan pengenalan secara umum mengenai KMbD serta Penyampaian mengenai pengetahuan manfaat Pendidikan Tata boga untuk mengelola stress dimasa pandemic covid-19 melalui video pada link youtube.


 

Rangkuman Teks Pada Video

Selamat Pagi semuanya, Perkenalkan nama saya ni komang ayu dewi sri astiti. Terlebih dahulu saya ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hari ini video sudah bisa saya sampaikan ke masyarakat. sebelumnya juga saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah bersedia  mengikuti  Kegiatan KMbD dari saya ini.

 

Nah hari ini saya jelaskan terlebih dahulu mengenai KMbD. KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib di Undiksha yang bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengaplikasikan dan mengintegrasikan ilmu pengetahuan yang dikuasai untuk memecahkan permasalahan di masyarakat. Idealnya, KKN dilakukan secara konvensional, dimana mahasiswa bersentuhan langsung dengan masyarakat yang menjadi khalayak sasarannya. Akan tetapi, melihat perkembangan situasi dan keadaan saat ini yang masih kurang memungkinkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas fisik semacam itu, maka pelaksanaan KKN perlu dirubah polanya menjadi KKN Mandiri berbasis Daring (KMbD). Perubahan pola ini secara langsung telah mengadopsi Pendidikan era RI 4.0 sekaligus sebagai bentuk nyata memerangi Pandemi Covid-19, yang mana dalam pelaksanaannya, KMbD dilakukan secara mandiri/individu dan aktivitas yang dilakukan sepenuhnya melalui modus daring mulai dari pembekalan, observasi, penyusunan proposal projek, pelaksanaan, hingga tahap ujian. Ditengah keterbatasan yang ada, peserta KKN ( yaitu saya sendiri ) dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan Pendidikan era RI 4.0 dengan menerapkan Internet of Things (IoT). Dengan demikian peserta dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya melalui tugas individu maupun projek tertentu yang bermanfaat di tengah pandemi ini.

Nah untuk itu hari ini juga sesuai dengan jadwal, saya akan memberikan sosialisasi yang pertama yaitu mengenai manfaat pengenalan Pendidikan Tata Boga kepada masyarakat pekerja guna menambah pengetahuan masyarakat mengenai pendidikan Tata boga yang bermanfaat untuk mengelola stress dimasa pandemic covid-19.

Seperti yang kita ketahui tata boga itu mempelajari mengenai dunia masak-memasak, lebih lengkapnya Tata boga adalah suatu disiplin ilmu terkait dengan seni dalam menyiapkan, memasak, dan menghidangkan makanan. Di Indonesia, disiplin ilmu ini dapat dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau di tingkat sekolah tinggi terkait Industri pariwisata dan industri perhotelan. Seorang yang memiliki keahlian dalam tata boga dinamakan sebagai koki, juru masak atau chef, dimana orang ini diharuskan untuk memiliki pengetahuan dalam ilmu pangan, nutrisi, dan diet. serta memiliki kreativitas dalam menyiapkan hidangan makanan yang menarik untuk dilihat. Ilmu tata boga sangat terkait dengan industri pariwisata dan perhotelan dimana kebanyakan para juru masak bekerja di rumah makan, hotel, atau taman hiburan atau yang paling penting bisa digunakan sebagai modal untuk berwirausaha dibidang makanan maupun minuman

Nah Akibat Covid-19 banyaknya masyarakat terutama masyarakat pekerja yang merasa stress selain karena dirumahkan mereka juga merasa jenuh karena tidak tahu menau apa yang akan dilakukan karena kurangnya pemasukan dan juga bahayanya virus Covid-19 ini. Menurut saya pribadi bahwa pendidikan Tata boga yang bermanfaat untuk mengelola stress dimasa pandemic covid-19 ini karena :

1.Makanan Adalah Kebutuhan Dasar Manusia

Makan merupakan satu dari tiga kebutuhan dasar manusia. Untuk itu, manusia sampai kapanpun akan membutuhkan sajian makanan yang mana dikuasai oleh Tata Boga. Oleh sebab itu, sampai kapanpun akan berguna. Dimasa pandemic daya tahan tubuh sangat harus dijaga supaya terhindar dari berbagai virus maka dari itu pendidikan tata boga dapat mengajarkan kita memilih dan mengkonsumsi makanan yang baik serta sehat. Maka dari itu walaupun kita merasa stress kita harus tetap mengkonsumsi makanan sehat makanan sehat kita bisa pelajari melalui pelajaran mengenai pendidikan tataboga tersebut.

2.Banyak Ilmu Yang Bisa Digali

jenuh dan stresss yang dirasakan bisa sedikit demi sedikit hilang karena tertarik dengan mempelajari hal baru yaitu tataboga . Mungkin dari kalian taunya tata boga itu hanya segitu gitu saja Hal yang harus disadari adalah fakta bahwa disini tidak belajar soal mengolah makanan saja. Selain skill memasak, juga harus pandai dalam mengukur takaran gizi dalam makanan agar seimbang, cara penyajian yang baik dan menarik, hingga tentang sanitasi dan kebersihan.

3. Dapat menjadi penghasilan tambahan selama pandemi

Setelah kita belajar mengenai tataboga entah itu mulai dari memasak, mengolah dengan baik dan lain lain kita juga dapat memanfaatkan hal tersebut untuk Dapat menjadi penghasilan tambahan selama pandemi dengan cara berjualan produk tata boga seperti hasil makanan olahan sendiri ataupun dengan menjual minuman sehat olahan sendiri sehingga dapat menjadi jalan keluar bagi orang orang yang merasa stress ataupun jenuh karena kurangnya penghasilan akibat pandemi ini

 

    *Video Pengenalan KMbD Kepada Masyarakat Sasaran dapat dilihat pada link youtube :

                                          https://www.youtube.com/watch?v=hiiaGlTdKbs&feature=youtu.be

 

            * Video Materi 1 penyampaian mengenai pengetahuan manfaat Pendidikan Tata boga untuk mengelola stress dimasa pandemic covid-19 dapat dilihat pada link youtube :

https://www.youtube.com/watch?v=USf8udAwifM&feature=youtu.be

 

* Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan, Pada hari Senin tanggal 6 Juli 2020 penulis menyampaikan salam dan memberikan pengenalan secara umum mengenai KMbD serta Penyampaian mengenai pengetahuan manfaat Pendidikan Tata boga untuk mengelola stress dimasa pandemic covid-19 melalui video yang dibuat sendiri pada link youtube. Berikut adalah dokumentasi percakapan melalui online dalam pemberian materi tersebut disertakan dengan link youtube : 

https://www.youtube.com/watch?v=MII6zJFJAtY&feature=youtu.be




*Catatan :

( Dokumentasi lebih banyak di upload pada chanell youtube karena foto kegiatan hanya bisa mengisi sampai 5 foto )





Tentang Penulis