TAHAP PERENCANAAN KE-2 MENCARI, MEMBUAT DAN MENKONSULTASIKAN MATERI PENYULUHAN ONLINE

Selasa, 7 Juli 2020 merupakan hari ke-2 dimulainya pelaksanan Kuliah Kerja Nyata Mandiri berbasis Daring oleh Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2020. Saya mengawali kegiatan hari ke-2 ini dengan membuat materi untuk Penyuluhan Online dengan tema  “Pembinaan Pembuatan Disinfektan Kepada Masyarakat Di Zona Merah Guna Mencegah Penyebaran Covid-19”. Tujuan pembuatan materi ini tidak lain untuk mempermudah mitra dalam memahami materi yang disampaikan oleh narasumber nanti pada saat pelaksanaan program penyuluhan online pada grub WhatssApp dan memberikan gambaran kepada narasumber berkaitan dengan materi apa saja yang akan disampaikan saat penyuluhan online.

Materi dibuat dalam bentuk power point yang nantinya diconvert ke file pdf sehingga mempermudah masyarakat sasaran dalam membuka dan membaca materi di ponsel pintar masing-masing. Materi power point mulai dikerjakan pada pukul 05.30 WIB setelah saya selesai sholat subuh dan selesai pada pukul 15.20 WIB. Materi yang dibuat mencakup beberapa hal dan tentu mengacu kepada pemecahan permasalahan dari masing-masing masyarakat sasaran. Seperti, pengetahuan umum definisi, sejarah, peta persebaran, gejala, cara penularan Covid-19, protokol pencegahan Covid-19 secara umum/di tempat kerja/rumah ibadah, protokol cuci tangan dan protokol penggunaan dan mencuci masker yang benar, protokol pencegahan Covid-19 setelah berpergian, dan yang terakhir yaitu cara pembuatan disinfektan.

Pembuatan materi ini juga dikonsultasikan dengan narasumber. Hal ini dikarenakan agar lebih akuratnya materi yang tersaji dalam power point tersebut. Komunikasi ini terjadi selama lebih dari 15 menit. Bertepatan dengan narasumber sedang istirahat siang setelah bekerja di PT. Indonesia Toray Synthetics di Kota Tangerang Provinsi Banten. Media yang saya gunakan untuk berkomunikasi dengan narasumber yaitu aplikasi video call WhatssApp.  


MATERI DAPAT DIUNDUH DISINI *