Tahap Persiapan Pembinaan Kreativitas Siswa untuk Mengatasi Rasa Malas Siswa Selama Pandemi Covid-19

    6-12 Juli 2020 merupakan minggu pertama pelaksanaan KMbD Undiksha 2020. Minggu pertama ini diawali dengan tahap memantapkan persiapan terkait materi-materi yang berupa teks maupun video. Hal yang dilakukan yaitu pembuatan video dengan aplikasi VlogNow yang sudah dibuat polanya terlebih dahulu di Ms. Word, serta pembuatan Thumbnail untuk video dan blog. Tidak hanya itu, penulis juga menyiapkan teks terkait dari pembahasan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, agar pelaksanaan serta pemberian materi yang diungkapkan lebih mantap. Materi yang diberikan dilihat berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya dengan memberikan sebuah kuisioner. Berdasarkan hasil kuisioner tersebut didapatkan hasil terkait hal-hal yang dirasakan oleh pelajar SMA (15-17 tahun) yaitu sebagai berikut.

  1. Semua pelajar SMA (15-17 tahun) yang telah mengisi kuisioner menyatakan bahwa mereka cukup bosan saat belajar di masa pandemi covid-19.
  2. 50% dari 6 pelajar SMA (15-17 tahun) yang telah mengisi kuisioner menyatakan bahwa selama masa Pandemi Covid-19 mereka merasa malas untuk belajar. 16,7% dari 6 pelajar SMA (15-17 tahun) yang telah mengisi kuisioner menyatakan bahwa selama masa Pandemi Covid-19 mereka kadang-kadang merasa malas untuk belajar. 33,3% dari 6 pelajar SMA (15-17 tahun) yang telah mengisi kuisioner menyatakan bahwa selama masa Pandemi Covid-19 mereka tidak merasa malas untuk belajar.
  3. 4 dari 6 pelajar SMA (15-17 tahun) menyatakan bahwa mereka kadang-kadang lebih sering menghabiskan waktunya untuk menghibur diri (menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dll) dibandingkan belajar.

Maka dari itu penulis membuat materi tersebut yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat sasaran sebagai referensi dalam mengatasi rasa malas dan bosan belajar selama Pandemi Covid-19, serta untuk meningkatkan semangat belajar bagi masyarakat sasaran.