Tahapan Evaluasi dan mengisi Kuisioner bersama dengan orangtua sasaran di Desa Tongging, Kec.Merek

Adapun rangkaian kegiatan yang terlaksana pada tanggal 29-7-2021 yaitu memberikan pemaparan materi Video singkat mengenai cara yang dilakukan oleh orangtua agar anak dapat menghormati orangtua. Hal ini saya angkat menjadi materi pelatihan agar orangtua dapat mengerti dan memahami bagaimana cara yang tepat agar anak mau menghormati orangtua, khususnya anak-anak yang masih berusia Dini. Adapun tujuan saya memaparkan materi pelatihan ini adalah agar orangtua dapat menerapkannya dan mendidik anak sedari dini agar tahu cara menghormati dan menghargai orangtua,dalam kegiatan ini saya melihat antusiasme dan respon orangtua yang sangat baik.

Selain itu pada akhir kegiatan saya juga berbincang dan berdiskusi kepada orangtua setempat serta memberi penjelasan mengenai mengapa sangat penting bagi orangtua untuk menerapkan pola asuh demokratis kepada anak, adapun goal dari kegiatan KKN ini adalah agar orangtua memahami mengenai macam-macam pola asuh dan mulai menyadari pola asuh yang mana saja yang dapat diberikan kepada anak dalam pelatihannya sehari-hari. Saya memberikan materi tersebut dengan harapan agar orangtua lebih memperhatikan pendidikan anak di Desa sehingga dari desapun tercipta generasi unggul.

Pada kegiatan penutup kegiatan KKNT saya meminta izin kepada masyarakat sasaran agar diberi kesempatan untuk melakukan wawancara mengenai evektifitas pola asuh dan penerapannya yang telah dilakukan oleh orangtua, saya mendapat berbagai macam jawaban dari orangtua yang menyatakan bahwa mereka mendapat banyak pengetahuan baru dan cara-cara dalam mendidik anak, bahkan banyak yang mengaku baru menyadari mengapa penting menerapkan pola asuh sejak dini kepada anak.

Sehingga dengan adanya respon dari orangtua, untuk memastikan orangtua benar-benar memahami mengenai pola asuh, maka saya meminta kepada orangtua agar bersedia mengisi kuisioner yang telah saya sediakan sebelumnya, kegunaan kuisioner ini adalah untuk mengetahui sejauh mana evektifitas pelaksanaan pelatihan yang telah dilakukan selama satu bulan berlangsung, dan kegiatan pelatihan secara daring ini tergolong sangat evektif sehingga orangtua dapat mengisi kuisioner dengan sangat baik dan sesuai dengan pengetahuan orangtua tersebut.

Tentang Penulis
Yemima Elza Yany Br Perangin-angin